Jepang Mulai Izinkan Warga Asing Masuk ke Negaranya

Jepang Mulai Izinkan Warga Asing Masuk ke Negaranya

PrimaBerita – Jepang mulai izinkan warga negara asing untuk masuk ke negaranya. Hal ini dikarenakan pemerintah Jepang akan mencabut larangannya mulai minggu depan.

Adapun pengumuman tersebut disampaikan oleh kemlu Jepang pada rabu (29/07/2020). Lewat pernyataan yang disampaikan, mulai 5 agustus mendatang warga asing yang meninggalkan Jepang dapat mengajukan permohonan balik ke negara tersebut. Atau dengan kata lain Jepang mulai izinkan warga asing masuk ke negaranya.

Lihat Juga: Negara Kaya Berlomba-lomba Borong Vaksin Virus Corona, Jadi Bagaimana Nasib Dunia

Oleh karena itu kepada orang yang memenuhi syarat, surat konfirmasi masuk kembali harus dipenuhi dari lembaga Jepang yang ada di negara tempat tinggal pemohon. Selain itu para pemohon juga harus menyerahkan bukti PCR test negatif corona yang berlaku dalam 72 jam terakhir. Atau terhitung dari waktu penerbangan mereka.

Menyadur dari AFP, larangan masuk yang diberlakukan Jepang guna membatasi penyebaran covid-19. Sebab tercatat sebanyak 90 ribu warga negara asing bermukim di Jepang yang memiliki izin tinggal. Termasuk pelajar dan pengusaha. Namun untuk saat ini peserta pelatihan tidak diperkenankan memasuki negara Jepang.

Sementara itu menurut situs web Kemenlu Jepang, ketentuan tersebut juga akan berlaku bagi WNA dalam kategori lain mulai tanggal 1 september. Termasuk pasangan atau anak dari warga negara Jepang dan status masa tinggal jangka panjang maupun kependudukan permanen.

Diketahui negeri sakura ini telah memberlakukan larangan masuk terhadap pengunjung yang berasal dari 140 negara. Akan tetapi pemerintah mengatakan akan melakukan proses masuk ke Jepang secara bertahap bagi pengunjung.

Selain itu warna negara Jepang yang sempat bepergian ke daftar negara yang dilarang juga diperbolehkan untuk kembali dengan surat pengajuan permohonan atas dasar kemanusiaan.

Add a Comment