Jangan Anggap Remeh, Kulit Leher Kehitaman Bisa Jadi Tanda Penyakit

kulit leher kehitaman

PrimaBerita – Sadar atau tidak sadar, kulit leher yang kehitaman dibelakang leher rupanya bisa jadi sebuah tanda akan kemunculan penyakit. Namun tak sedikit pula menganggap hal tersebut akibat mandi yang kurang bersih.

Dalam beberapa kasus, kulit leher yang terlihat agak gelap atau kehitaman disebut bisa menjadi peringatan akan munculnya penyakit serius. Dengan istilah medisnya, leher menghitam disebut sebagai acanthrosis nigricans. Situasi yang dapat dirasakan mungkin terasa seperti beludru yang bertekstur dan kulit di leher terlihat tebal.

Pun demikian acanthrosis nigricans bukan hanya bisa muncul di bagian leher saja tetapi bisa di bagian pangkal paha dan juga ketiak. Kondisi ini juga bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa, meski paling umum terjadi pada anak-anak.

Oleh karena itu, ketahuilah bahwa kulit yang berwarna gelap dan tebal ini juga ternyata berhubungan dengan kadar insulin di tubuh manusia. Jadi bila anda menemukan tanda tersebut di bagian belakang leher maka anda cenderung memiliki kadar gula yang tinggi. Tak menampik bahwa anda rentan terkena penyakit diabetes.

Apabila tidak segera ditangani dengan baik bisa jadi anak-anak sekalipun yang memiliki acanthrosis nigricans akan terkena diabetes tipe-2. Berikut ini kondisi yang bisa ditunjukkan saat kulit dileher terlihat menghitam selain sebagai tanda awal penyakit diabetes. Agar anda juga perlu waspada.

Gangguan Hormonal

Acanthrosis Nigricans (AN) bisa terjadi karena hormon di dalam tubuh seseorang tidak seimbang. Sehingga disebutlah kekurangan hormon insulin maupun kelebihan hormon lain mampu menjadikan kulit lebih tebal.

Cushing Syndrome

Sindrom ini terjadi akibat tingginya kadar hormon kortisol secara abnormal. Namun yang paling umum disebabkan oleh penggunaan obat kortikosteroid yang tidak wajar (berlebihan). Gejalanya yaitu kemunculan stretch mark, mudah lelah, tingginya tekanan darah hingga kepada penambahan bobot tubuh.

Kegemukan (Kelebihan Berat Badan)

Bisa diperhatikan, anak-anak yang mempunyai kondisi acanthrosis nigricans akan umum muncul pada anak yang bertubuh gendut dan cenderung obesitas. Jadi sebaiknya orangtua perlu waspada. Usahakan anak diberi edukasi agar mengurangi bobot badannya sendiri.

Add a Comment