Waspadai, Hewan Ini Bisa Menginfeksi Corona ke Manusia

Hewan Bisa Menginfeksi Corona ke Manusia

PrimaBerita – Ternyata hewan juga bisa menginfeksi virus corona ke manusia. Hewat tersebut adalah Cerpelai atau Mink, hewan ini dilaporkan bisa menginfeksi virus corona SARS-CoV-2 ke manusia.

Dilansir dari CNN Pemerintah Belanda menyebut hewan itu telah menginfeksi setidaknya dua orang warga. Hal ini menjadi infeksi Covid-19 dari cerpelai pertama ke manusia.

Pemerintah Belanda juga menemukan cerpelai yang telah terinfeksi virus corona itu ditemukan di empat dari 155 peternakan yang ada di Belanda. Di Belanda, Cerpelai memang diternakkan untuk diambil bulunya.

Saat ini, pemerintah Belanda telah melakukan karantina terhadap dua peternakan yang terbukti cerpelai mereka terinfeksi virus corona baru. Dalam pengujian, Cerpelai di peternakan itu menunjukkan tanda-tanda kesulitan bernapas.

Diperkirakan manusia menjadi sumber penularan kepada Cerpelai pada tiga dari empat lokasi temuan Cerpelai yang terinfeksi Covid-19. Otoritas setempat masih menyelidiki penyebab infeksi Covid-19 pada peternakan keempat.

Kepala lembaga kesehatan Belanda Jaap van Dissel mengatakan penularan virus corona baru dari Cerpelai ke Manusia di Belanda adalah hal yang unik. Namun, dia tetap meyakini penularan virus yang pertama kali diketahui di China itu berasal dari hewan.

Sejumlah dokter hewan di Belanda menuding pemerintah lalai mencegah penularan virus corona lewat hewan . Mereka menganggap Menteri Pertanian Carola Schouten telah meremehkan risiko infeksi hewan-ke-manusia. Sebab, beberapa waktu lalu Schouten meminta untuk mengabaikan risiko infeksi virus corona dari sektor agrikultural.

Pemerintah Belanda sejatinya telah sepakat untuk menutup peternakan Cerpelai pada tahun 2023 sebagaimana ketentuan Undang-Undang.

Selain Cerpelai, otoritas Belanda juga telah selesai menguji empat hewan peliharaan lain yang dinyatakan positif Covid-19. Namun, mereka tak menyebut jenis hewan yang diuji apakah kucing atau anjing. Pemerintah Belanda hanya mendesak pasien Covid-19 untuk menghindari kontak dengan hewan peliharaan.

Add a Comment