Masjid di Bekasi Akan Dibuka Pekan Depan

Masjid di Bekasi Akan Dibuka Pekan Depan

PrimaBerita – Masjid sempat ditutup guna mencegah penularan virus corona tetapi rumah ibadah tersebut akan dibuka kembali dan kabarnya pekan depan. Walikota Bekasi, Rahmat Effendi menuturkan pembukaan masjid sudah bisa dilaksanakan karena daerah atau zona merah kian mengurang.

Bahkan diketahui sebanyak 50 dari 56 kelurahan sudah berada pada fase zona hijau.

“Daerah hijau sampai dengan saat ini ada 50 dari 56 kelurahan loh, jadi tidak sampai 10 persen yang zona merah),” kata Rahmat Effendi, selasa (25/05/2020).

Ditambahnya minggu depan sudah bisa dilakukan kegiatan beribadah bagi daerah yang dinyatakan masuk zona hijau.

“Insya Allah minggu depan sudah bisa dilakukan untuk kegiatan ibadah di daerah yang dinyatakan zona hijau,” sebut Rahmat Effendi.

Bukan hanya itu Effendi juga menyampaikan, sejalan dengan sejumlah masjid di Bekasi yang akan dibuka kembali, pusat perbelanjaan pun demikian. Pusat-pusat perbelanjaan akan dibuka kembali pada tanggal 4 juni mendatang.

“Karena DKI pada 4 juni juga. Jangan sampai warga DKI sampai ke sini. Kalau kapasitas mall 10 ribu, kita 5 ribu dulu yang masuk, kita atur,” tambah beliau.

Pria yang juga akrab disapa Pepen ini mengaku sudah mulai memerintahkan pengurangan kapasitas meja di tempat-tempat kuliner. Jika yang biasa satu meja ada 4 kursi maka diganti menjadi posisi hanya 2 kursi saja salam 1 meja.

“Dari semalam sudah saya suruh, yang biasa satu meja ada empat kursi, sekarang hanya dua kursi, terus antrian sudah saya buat sedemikian rupa,” imbuh Rahmat Effendi alias Pepen.
Yang menjadi contoh pembukaan mall adalah kota Bekasi. Dikarenakan fakta di lapangan, kurva R0 (r naught) di kota Bekasi berada pada angka 0,71. Di bawah angka 1 yang artinya sudah bagus.

“Karena dari maret kita sudah melakukan siaga darurat bencana dan 3 kali melakukan PSBB. Pada PSBB sekarang ini, apa yang disampaikan pak presiden adalah new normal. Tatanan kehidupan baru, masyarakat produktif melawan covid, itu terjemahan saya,” jelas Pepen.

Add a Comment