Wajib Coba, Menu Sahur yang Sederhana dan Bernutrisi

Menu Sahur yang Sederhana dan Bernutrisi

PrimaBerita – Saat puasa, umat Islam diwajibkan untuk tidak makan dan minum selama sekitar 13 jam. Dengan begitu, asupan saat sahur harus penuh nutrisi agak tidak cepat lemas hingga berbuka. Berikut rekomendasi menu sahur yang sederhana dan bernutrisi wajib dicoba deh.

Ahli gizi, Inge Permadi mengatakan, yang paling tepat adalah bersantap sahur dengan menu yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Namun, terkadang waktu yang cukup singkat membuat orang tak sempat menyiapkan berbagai makanan. Alhasil, beberapa siasat dari menu sahur sederhana pun dibutuhkan. Selain susu dan roti isi, ada menu-menu lain yang bisa Anda sediakan untuk santap sahur.

Berikut rekomendasi menu sahur yang sederhana dan bernutrisi

1. Pisang dan selai kacang

Selai kacang merupakan sumber protein yang baik dan diperkaya dengan lemak tunggal tak jenuh. Selai kacang juga memberikan rasa kenyang. Nikmati selai kacang dengan roti tawar gandum.

Anda juga bisa memadukannya dengan pisang. Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Di dalamnya juga terkandung kalium dan potasium yang membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh.

2. Oat

Oat merupakan salah satu sumber serat yang membantu memperlambat pelepasan energi dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Pilih oat yang perlu dimasak terlebih dahulu karena mengandung lebih banyak serat. Ganti air untuk memasak dengan susu demi memaksimalkan efek kenyang.

Masak oat sekitar 15 menit. Sajikan dengan topping madu atau buah kering untuk memberikan rasa manis.

3. Poached egg

Telur kerap disajikan sebagai menu sahur yang praktis. Telur adalah sumber protein dan vitamin D.

Rebus telur dan jadikan sebagai isian roti gandum. Tambahkan potongan tomat sebagai serat tambahan.

4. Smoothie buah

Smoothie yang beredar di pasaran tak selalu sehat. Kandungan gulanya disinyalir tinggi sehingga mudah membuat Anda kelaparan. Agar lebih terjamin, buat smoothie sendiri untuk santap sahur yang praktis.
Kombinasikan biji chia, yogurt, anggur yang sudah diambil bijinya, dan es batu. Hasilnya, Anda akan memulai puasa dengan penuh nutrisi seperti omega-3, serat, dan protein dalam satu gelas smoothie.

5. Quinoa

Quinoa sempat disebut-sebut sebagai superfood karena kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, asam amino esensial, dan bebas gluten. Anda bisa menjadikan quinoa sebagai menu santap sahur dengan memadukannya bersama santan, vanila, dan bubuk kayu manis.

Add a Comment