Produsen Rokok Lucky Strike dan Dunhill Membuat Vaksin Covid-19 dari Tembakau

Produsen Rokok Membuat Vaksin dari Tembakau

PrimaBerita – British American Tobacco (BAT), produsen rokok Lucky Strike dan Dunhill itu menyatakan sedang membuat vaksin covid-19 dari tembakau. Seperti yang diketahui belum ada yang bisa menciptakan atau membuat vaksin yang bisa memusnahkan virus corona (COVID-19).

Pengembangan vaksin yang dilakukan anak usaha BAT yang bergerak di bidang bioteknologi yakni Kentucky BioProcessing. Perusahaan ini sebelumnya ikut mengembangkan vaksin ZMapp untuk menangkal virus ebola tahun 2014.

David O’Reilly selaku Direktur Riset BAT mengatakan, pengembangan vaksin yang dilakukan pihaknya memang sangat menantang dan rumit, namun ia yakin jika BAT telah membuat suatu terobosan signifikan lewat platform pengolahan tembakau.

Baca juga : Bill Gates Bocorkan Soal Pembuatan Vaksin Corona

“Ini adalah pekerjaan yang menantang, tetapi kami percaya telah membuat terobosan signifikan dengan platform teknologi di fasilitas pengolahan tembakau kami,” kata Direktur Riset BAT David O’Reilly, Kamis (2/4).

BAT juga siap bekerja sama dengan pemerintah serta semua pemangku kepentingan untuk memenangkan perang terhadap COVID-19. Terlebih selama ini BAT telah mengeksplorasi pemanfaatan lain tembakau, salah satunya adalah dalam pengembangan vaksin berbasis tanaman.

Produsen rokok yang membuat vaksin covid-19 dari tembakau itu berlokasi di Kentucky, Amerika Serikat. Mereka akan menjelaskan mekanisme pembuatan vaksin COvid-19. Mereka mengkloning sebagian urutan genetik virus corona dan menyuntikkannya ke tanaman tembakau.

Tujuannya untuk mengetahui pembentukan antigen atau zat untuk merangsang kekebalan dalam organisme. Setelah tanaman,  BioProcessing sedang menguji vaksin pada tikus sebelum uji coba klinis di tubuh manusia.

O’Reilly mengatakan pihaknya sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan otoritas pemerintah untuk uji coba klinis. Jika semua  berjalan lancar, targetnya mereka bisa memproduksi 3 juta vaksin pada bulan Juni mendatang.

Add a Comment