Mirip Masker? Ini Penampakan Asteroid Raksasa Mendekati Bumi

Penampakan Asteroid Raksasa

PrimaBerita – Sebuah penampakan asteroid raksasa akan mendekati bumi pekan depan. Para astronom telah mengambil foto/gambar objek tersebut saat sedang bergerak menuju planet yang dihuni manusia. Asteroid raksasa tersebut berukuran setengah dari gunung everest.

Sebagaimana dilaporkan oleh Daily Mail (23/04/2020), observatorium arecibo di Puerto Rico menangkap sebuah gambar radar asteroid 1998 OR2.

Asteroid ini yang nantinya akan melewati 3,9 juta mil dari planet Bumi. Tepatnya pada tanggal 29 april 2020.

Baca Juga: Satelit Nusantara Dua Gagal Mengorbit Karena Masalah……

“Tim radar dan staf observatory NAIC mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat saat kami melanjutkan pengamatan,” ditulis lewat sebuah tweet.

Tim saat ini mengenakan topeng untuk membatasi penyebaran virus corona. Dan penampakan asteroid raksasa ditemukan pertama sekali pada tahun 1998 oleh NASA.

“Minggu ini kami telah mengamati asteroid 1998 OR2 dekat Bumi, yang sepertinya memakai masker!”

Asteroid menimbulkan efek global bila menabrak Bumi namun badan antariksa Amerika Serikat mengatakan itu tidaklah memungkinkan.

“Penemuan itu terjadi setelah NASA menginstal komputasi canggih dan perangkat keras analisis data yang mempercepat pencarian kami untuk objek dekat Bumi,” sebut manager proyek NEAT, Dr. Steven Pravdo melalui sebuah pernyataan.

Menurut CNN, asteroid mengorbit matahari per 1.340 hari atau 3, 67 tahun. Asteroid menyelesaikan rotasi pada porosnya per 4,11 hari.

Adapun lebarnya diperkirakan antara 1,1 mil dan 2,5 mil. Lebar yang lumayan besar sehingga dampaknya bisa mengancam peradaban manusia di Bumi.

Selain itu pula, ESA atau Badan Antariksa Eropa pernah mengirimkan sebuah peringatan pada tahun lalu.

Mereka menyebutkan bahwa saat ini sejumlah 878 asteroid beresiko menabrak Bumi dalam jangka waktu 100 tahun ke depan.

Mereka juga mengembangkan teknologi supaya bisa membelokkan asteroid. Dan juga membahas taktik potensial di seluruh Eropa dalam sejumlah pertemuan yang dilakukan mereka.

Add a Comment