Harganya Sangat Mahal, Inilah Alasan Ikan Arwana Tidak Untuk Dimakan

ikan arwana tidak dimakan

PrimaBerita – Ikan arwana dikenal dengan harganya yang mahal tapi tahukah anda alasan mengapa ikan arwana tidak dimakan? Bahkan jenis ikan ini termasuk salah satu ikan paling mahal di dunia. Harganya pun bisa mencapai miliaran rupiah. Lantas apa sebenarnya keunikan yang terdapat dari ikan arwana sehingga tidak untuk menjadi bahan konsumsian manusia.

Mengutip dari wikipedia, arwana adalah ikan bertulang air tawar dari keluarga osteoglossidae. Sumber menyebutkan bahwa ikan arwana sebenarnya termasuk ke dalam jenis ikan purba yang hingga kini belum punah. Beberapa nama lain untuk menyebutkan ikan arwana yaitu ikan siuk, ikan kayangan, ikan kalikasi, maupun ikan kelasa.

Selama beberapa puluh tahun terakhir, populasi ikan arwana terus mengalami penurunan jumlah. Bahkan yang menyebabkan harga ikan arwana begitu mahal adalah karena maraknya perburuan ikan serta sulitnya budidaya ikan arwana. Melansir dari The Hustle, berikut terdapat fakta menarik mengapa ikan arwana bisa berharga sangat mahal.

Salah satu hal yang menjadi alasan ikan arwana tidak untuk dimakan yaitu karena merupakan spesies langka. Ikan arwana bahkan sudah terancam punah. Meski berasal dari Asia Tenggara dan berharga mahal, ikan arwana tidak pernah sepi peminat.

  • Harganya Bisa Lebih Mahal dari Mobil Ferrari

Kepemilikan atau perdagangan ikan arwana masih populer bagi masyarakat Asia. Selain itu ikan arwana yang tidak sepi peminat sering menjadi simbol kekayaan seseorang. Bahkan satu ekor ikan arwana berkualitas terbaik bisa lebih mahal dari mobil ferrari.

  • Industri Ikan Arwana

Karena spesies ikan ini sudah langka maka kasus penyelundupan ikan arwana pun terjadi. Meningkatnya penyelundupan ikan arwana dari Malaysia ke Taiwan telah membuat CITIES, organisasi pelindung hewan langka bertindak. Tujuannya untuk menekan harga arwana dalam pasar sekaligus melestarikan ikan langka ini.

  • Memang Tidak Lazim Dimakan

Walau dulu ikan ini berkeliaran bebas pada perairan, namun karena harganya yang fantastis kini orang-orang sudah berhenti untuk memakannya. Tapi masih ada juga beberapa orang yang iseng menggoreng ikan arwana dan mencicipinya. Pasalnya rasa daging ikan arwana berbeda dengan ikan pada umumnya.

Add a Comment