270 TKI Tiba di KNIA, Diperiksa dan Diinapkan Di Dua Lokasi

PrimaBerita — Sebanyak 270 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal dari Malaysia telah tiba dengan 2 Gelombang di Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA), Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (9/4/2020).

Setiba di Bandara Kualanamu, para TKI langsung didata dan menjalani pemeriksaan intensif dari pihak karantina guna mencegah ikut masuknya virus Covid-19 ke wilayah tersebut.

Para TKI tiba dua gelombang yakni gelombang pertama pukul 08.30 WIB dan gelombang kedua pukul 15.00 WIB dengan menumpang pesawat Malaysia Airlines.

“Hari ini sebanyak 134 TKI dan 2 orang dari pihak Kementerian Kesehatan tiba dari Malaysia di Bandara Internasional Kualanamu. Sorenya, pihaknya juga ada kedatangan 136 TKI dan Sisanya akan tiba besok,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudhariansyah yang dijumpai di lokasi Kualanamu.

Setibanya di Bandara Internasional Kualanamu, tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut langsung melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para TKI.

Adapun pemeriksaan kesehatan itu mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan kepada TKI maupun barang bawaan, dan melakukan wawancara.

“Apabila ditemukan gejala Covid-19 maka akan dilakukan uji rapid test Covid-19 yang bertujuan untuk mencegah masuknya Covid-19 melalui TKI yang kembali dari luar negeri,” ujarnya.

Usai dari pihak Karantina Kesehatan Bandara pada gelombang pertama, para TKI di Inapkan ke Gedung Lemcadika Pramuka Deliserdang seraya menunggu jemputan dari Dinas Kesehatan dari Kabupaten/Kota asal TKI tersebut.

Sementara itu, di Gelombang kedua, sore, usai menjalani pemeriksaan pihak karantina kesehatan maka para TKI yang berjumlah 136 orang dengan empat bis mengangkut TKI dan Tiba di Lanud Soewondo Medan.

Para TKI akan kita diinapkan sementara agar bisa dijemput pihak Dinas Kesehatan tempat asal mereka. Para TKI Gelombang Kedua di inapkan di Aula Andromeda Eks Hall Kedatangan Domestik Bandara Polonia Medan, kata Komandan Pangkalan TNIAU Soewondo Medan Kol.Pnb. Meka Yudanto dengan didampingi Karumkit Lanud Soewondo Dr.Whiko Irwan Sp.B.

Menurut Danlanud Soewondo Medan, hari ini ada dua Gelombang TKI dan begitu juga esok, pihaknya telah mendapat perintah langsung Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 yang juga Gubernur Sumut Letjen TNI Purn Edy Rahmayadi untuk mempersiapkan lokasi penampungan sementara dan seraya menunggu jemputan dari Dinas Kesehatan daerah masing- masing.

Dikatakan Danlanud, dilokasi itu pihaknya bisa menampung sebanyak 400 TKI dan saat ini pihaknya telah menyiapkan 368 tempat tidur lapangan lengkap handuk dan logistik para TKI didukung penuh Gubernur Sumatera Utara.

Lanjut Danlanud, pihaknya di sokong penuh Kodam I dengan menyiapkan 298 tempat tidur lapangan, Lanud sendiri telah menyiapkan 50, PMI 20, dan dari Lantamal 30 sehingga hampir 400 tempat tidur lapangan tersedia dan siap digunakan TKI yang pulang tersebut. (ms8)

Add a Comment