Minuman Sehat Untuk Atasi Demam Berdarah

minuman sehat untuk atasi demam berdarah

PrimaBerita – Menghindari ancaman DBD dengan berbagai makanan sudah biasa, cobalah menggantinya dengan mengonsumsi minuman sehat untuk atasi demam berdarah. DBD atau singkatan dari demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang berasal dari nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus.

baca juga : Minuman Yang Cocok Saat Musim Hujan

Diagnosis DBD dilakukan setelah melakukan pemeriksaan fisik, hasil laboratorium, dan wawancara pasien. Untuk itulah perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja gejala yang sudah anda alami sebelum pergi ke dokter.

Gejala Umum Demam Berdarah

  • demam tinggi hingga 40 derajat celcius
  • Mual/muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada belakang mata
  • Nyeri sendi
  • Ruam kemerahan selama 2 sampai 5 hari setelah demam
  • Pendarahan dari hidung dan gusi

Jika mendapatkan gejala-gejala tersebut segera konsultasikan langsung dengan dokter. Jangan sampai terlambat untuk ditangani.

Minuman Sehat Untuk Atasi Demam Berdarah

Biasanya DBD muncul pada saat musim hujan. Untuk itu anda perlu waspada dengan lingkungan sekitar serta kondisi rumah anda. Perlu juga untuk mengonsumsi minuman sehat untuk atasi demam berdarah. Hal ini guna menghindari kebocoran plasma dalam tubuh.

Beberapa minuman sehat untuk atasi demam berdarah, antara lain:

Air Kelapa

Virus demam berdarah sangat mudah menyerang orang-orang yang tubuhnya lemas akibat dehidrasi. Dan air kelapa bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain rasanya yang nikmat dan segar, minuman ini aman dikonsumsi baik pada pagi maupun sore hari. Akan lebih bagus bila meminum air kelapa murni tanpa campuran gula.

Jus Buah dan Sayuran

Cobalah racik beberapa buah dan sayuran yang mengandung pottasium dan kalium seperti pisang, alpukat, dan kiwi. Serta yang mengandung sodium seperti tomat. Jadikan menjadi jus. Anda bisa memilih dua diantaranya. Tak kalah penting juga, sayuran hijau seperti sawi dan timun bisa membantu anda untuk mencegah datangnya DBD.

Minuman Isotonik

Hampir sama dengan air kelapa, minuman isotonik dapat membantu anda untuk rehidrasi. Minuman isotonik banyak tersedia di swalayan-swalayan atau supermarket. Cobalah sesekali untuk mencoba minuman isotonik saat anda sedang bepergian tidak membawa jus atau air kelapa asli. Tetapi tidak disarankan meminum minuman isotonik dalam porsi yang berlebihan.

Air Barley

Air barley dapat diberikan pada tiga hari pertama demam, karena air ini diklaim mampu mengatasi masalah demam berdarah.

Oralit

Ada dua macam oralit dengan komposisi berbeda menurut World Health Organization dan United Nations Childrens Fund. Oralit lama mengandung osmolaritas sebesar 331 mmol/L. Berbeda dengan oralit baru, osmolaritasnya hanya sebesar 245 mmol/L. Anda bisa membeli cairan oralit pada apotik atau toko obat lainnya.

Susu

Selain bagus untuk tulang, susu juga ampuh mencegah demam berdarah (DBD). Kandungan susu berupa kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan juga mengandung elektrolit natrium sebanyak 42 mg/100 gr. Cobalah membiasakan diri untuk mengonsumsi susu setiap hari.

Add a Comment