Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes yang Harus Diketahui

Makanan sehat bagi penderita diabetes

PrimaBerita – Sebagai penderita diabetes, tentunya ada banyak jenis makanan yang tidak boleh dimakan. Sehingga hal ini membuat penderita diabetes menjadi prustasi, karena makan-makanan yang dikonsumsi tidak boleh mengandung kadar gula yang tinggi. Maka bagi penderita diabetes perlu mengetahui makanan sehat untuk dikonsumsi. Karena, penyakit diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan kadar glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Penderita diabetes harus benar-benar memahami kondisi tubuhnya, dan tidak mengkonsumsi makan-makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Jika, penderita memakan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat menyebakan kadar glukosa dalam darah menumpuk,  dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, masalah pada mata, rentan terkena infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran.

Penderita diabetes dalam mengkonsumi makanan harus berhati-hati.  Selain dengan cara pengobatan, diabetes dapat diobati dengan mengikuti pola makan yang khusus, yang disebut dengan terapi medis. Bagia penderita diabetes, terapi ini menganjurkan makanan bergizi yang mengandung lemak dan kalori, agar kadar gula darah penderita diabetes tetap terkontrol.

Berikut ini makanan sehat yang dianjurkan bagi penderita diabetes:

Oatmeal

Bagi anda yang menderita diabetes, oatmeal bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk tubuh. Selain aman dikonsumsi, otmiel bisa dikonsumsi dengan cara yang sesuai diinginkan. Misalnya, dicampurkan dengan buah-buahan.

Baca juga :  10 Tanda yang Ditunjukkan Kulit Ketika Mengidap Penyakit Diabetes

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan aman bagi penderita diabetes. Karena, ubi jalar mengandung kadar indeks glikemik yang rendah. Apalagi rasanya tidak terlalu manis. Ubi jalar bisa dikonsumsi dengan cara direbus.

Jagung

Jagung sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, apalagi cocok untuk pengganti nasi. Jagung memiliki kadar glikemik yang rendah, kaya serat pati, sangat bagus untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Nasi Merah

Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia, namun nasi putih harus dihindari bagi penderita diabestes. Nasi yang disarankan bagi penderita diabetes adalah nasi merah, karena memiliki indeks glikemiknya yang rendah,  dan kaya karbohidrat.

Ikan laut

Jenis ikan laut yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes adalah ikan tuna, salmon, dan sarden. Ikan tersebut memiliki serat gizi yang tinggi, kaya omega 3, dan juga mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Cara baik untuk mengkonsumsi ikan adalah dengan cara dikukus.

Daging

Banyak orang mengatakan kalau penderita diabetes tidak boleh makan daging. Sebab, daging memiliki kadar lemak yang tinggi. Maka cara baik untuk mengkonsumsi daging dengan cara tidak digoreng.

Sayur-Sayuran

Mengkonsumi sayur-sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayur-sayuran tersebut dapat diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah brokoli dan bayam. Kandungan yang terdapat pada bayam adalah sulforaphane yang berguna untuk melindungi dinding pembulu darah. Sayuran pada bayam memiliki kandungan lutein yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Baca juga : Tidak dapat Disembuhkan! Hindari Pemicu Diabetes tipe 2 Ini Segera

Buah-buahan

Buah sangat banyak mengandung vitamin yang berguna bagi daya tahan tubuh. Bagi penderita diabetes, buah seperti blackberi, stroberi, atau bluberi sangat berguna bagi penderita diabetes untuk mencegah stres oksidatif. cara mengkonsumsi dapat dilakukan dengan cara dijus atau dikonsumsi langsung.

Kacang-kacangan

Cemilan paling baik untuk penderita diabetes adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung kadar glikemik yang rendah,  dan juga mengandung karbohidrat kompleks dan magnesium yang aman dan mampu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabets. Jenis kacang-kacangan yang bisa dimakan, diantaranya ialah kacang tanah, almond, mete, kacang merah, kacang kenari, dan kacang pstachio. Namun karena kacang ini juga tinggi kalori, sebaiknya bagi penderita diabetes jangan terlalu mengkonsumsi berlebihan.

Itulah jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Jagalah kesehatan dengan cara  mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena melalui makanan kita memperoleh  nutrisi untuk stamina tubuh.

Add a Comment