Lakukan Olahraga Ini Agar Anda Terhindar Dari Serangan Jantung

lakukan yoga agar terhindar dari serangan jantung

PrimaBerita – Terhindar dari serangan jantung adalah impian setiap manusia. Terutama bagi para orang tua dan lansia, ini merupakan sebuah momok yang sangat ditakuti. Mereka bisa menyebutnya sebagai “ajal yang sudah dekat” bila mendapati gejala-gejala serangan jantung.

baca : Pertolongan Pertama Pada Orang yang Serangan Jantung

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya serangan jantung?

  • kebiasaan merokok
  • hipertensi
  • diabetes mellitus
  • peningkatan kadar kolesterol
  • kurang aktivitas fisik

Sering kali orang mengabaikan poin yang terakhir di atas. Kurangnya aktivitas seseorang bisa saja menyebabkan anda terserang jantung secara mendadak. Anda seperti merasa tidak bisa mendapatkan cukup udara.

Berikut, lakukanlah olahraga ini agar anda terhindar dari bahaya serangan jantung.

1. Berenang

Untuk mengisi waktu senggang, cobalah untuk melakukan kegiatan olahraga yang satu ini. Berenang dapat membuat jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat. Dengan begitu aliran darah yang dipompa oleh jantung bisa bekerja secara efisien dan lancar. Studi mengatakan berenang 30 menit saja dalam sehari dapat mencegah penyakit jantung koroner, juga mengurangi tekanan darah.

2. Latihan Aerobik

Sama seperti berenang, melakukan gerakan-gerakan aerobik dapat menguatkan dan memperbesar jantung untuk dapat memompa darah dengan baik.

3. Latihan sirkuit

Dari pada anda hanya berdiam diri saat sedang tidak bekerja, lebih bagus melakukan latihan sirkuit. Latihan ini menggabungkan kekuatan, kecepatan, serta fleksibilitas untuk melatih kekuatan jantung.

Latihan sirkuit misalnya: push up, sit up, jumping jack, lompat tali, dan sebagainya. Sangat disarankan bagi penderita penyakit jantung.

4. Berlari

Berlari merupakan salah satu kegiatan yang sangat mudah untuk dilakukan bagi siapa saja. Umumnya, rajin olahraga lari signifikan untuk mengurangi resiko arteriosklerosis, mengurangi produksi hormon stres, kortisol, baik untuk sirkulasi darah, menurunkan resiko trombosis. Semuanya itu berhubungan dengan kesehatan jantung.

5. Yoga

Jika anda tak menginginkan olahraga yang berat tetapi ingin terhindar dari serangan jantung, anda bisa melakukan olahraga yang berhubungan dengan batin ini. Saat sedang stres, kolesterol dan tekanan darah meningkat. Kurangi kecemasan dan depresi anda dengan beryoga. Anda bisa melakukannya di rumah sebab yoga (meditasi) dipercaya mampu untuk mencegah penyakit jantung.

Ada bisa memilih setidaknya satu dari jenis olahraga di atas untuk anda lakukan setiap hari.

Add a Comment