Kenali Bahaya Rumput Fatimah Untuk Persalinan

bahaya rumput fatimah untuk persalinan

PrimaBerita – Saat ini sedang viral kasus seorang ibu kehilangan bayinya akibat mengonsumsi rendaman rumput fatimah yang belum terbukti secara ilmiah. Untuk itu, ketahui bahaya rumput fatimah untuk persalinan.

Dalam kasus yang beredar tersebut, sang ibu tak hanya harus kehilangan bayinya, tetapi juga harus mengalami syok perdarahan dan kemudian harus menjalani operasi. Sang ibu ini juga harus mendapat transfusi darah hingga 20 kantung dan harus dirawat di ICU hingga 7 hari.

Kekhawatiran ibu tersebut menjadikan alasan ibu mengonsumsi obat herbal yang katanya mampu memperlancar persalinan, padahal sebetulnya hal tersebut tidak terbukti secara ilmiah.

Rumput fatimah adalah salah satu bahan herbal alami yang orang kenal mampu melancarkan persalinan. Obat herbal dengan kandungan rumput fatimah ini banyak terjual dalam bentuk kapsul, teh, kopi, bahkan minuman kaleng. Namun, hingga kini belum ada studi ilmiah yang membenarkan bahwa rumput fatimah terbukti efektif dalam memperlancar persalinan.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat herbal apapun selama kehamilan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Saran yang tepat untuk menjaga kandungan ibu tetap sehat dan tips-tips yang terbukti ilmiah mampu memperlancar persalinan kelak akan dokter berikan.

Berikut Bahaya Rumput Fatimah Untuk Persalinan

Menyebabkan Kontraksi Rahim

Rahim memang akan berkontraksi namun kontraksi yang terjadi ini tidak teratur dan tidak dapat diperkirakan. Sehingga minum rendaman rumput fatimah sebaiknya jangan pada kehamilan risiko tinggi, karena ia bisa memicu terjadinya persalinan mendadak sebelum waktunya.

Jika anda hendak mengonsumsinya, pastikan sudah mendapat persetujuan dokter atau bidan. Namun, alangkah lebih baik untuk tidak mengonsumsinya untuk menghindari efek yang tidak anda inginkan.

Menyebabkan Perdarahan

Mengonsumsi rumput fatimah memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap ibu. Meski pada beberapa ibu hamil bisa mendatangkan manfaat, bisa saja kadar senyawa kimia dalam rumput fatimah menyebabkan perdarahan. Ia bahkan bisa menghambat aliran oksigen ke janin sehingga menyebabkan keguguran.

Bereaksi dengan Obat Lain

Tak hanya memicu kontraksi uterus, ada kemungkinan rumput fatimah bisa bereaksi negatif dengan obat atau suplemen ibu hamil lain yang sedang ibu konsumsi. Sayangnya, belum ada penelitian yang merilis apa saja kandungan suplemen yang bertentangan dengan kandungan rumput fatimah. Jadi, sebaiknya konsumsi suplemen yang dokter atau bidan sarankan saja.

Kandungan Tidak Jelas

Beberapa ahli juga melarang konsumsi rumput fatimah karena tidak jelas apa saja kandungan aktif di dalam tanaman herbal ini. Entah itu akar, batang, maupun daun, tidak ada yang mengetahui apa dan berapa banyak kandungan aktif. Jadi, ia sangat berbeda dengan obat seperti induksi yang dosisnya bisa terukur dengan jelas. Ada baiknya menghindarinya.

Add a Comment