Kampanye Cuci Tangan Cegah Virus Corona Ramai di Media Sosial

Kampanye Cuci Tangan Cegah Virus Corona Ramai di Media Sosial

Primaberita– Kampanye cara cuci tangan didengungkan di tengah-tengah wabah virus corona yang menyebar ke puluhan Negara di dunia. Ahli kesehatan dan dokter merekomendasi langkah utama cegah virus corona dengan cara cuci tangan.

Secara serentak, media massa dan media sosial kembali mengabarkan tentang cara cuci tangan. Untuk mengingatkan orang agar membiasakan cuci tangan yang disajikan dalam bentuk video.

Seperti yang dilakukan dancer dan actor Vietnam, Quong Dang yang mengajak orang untuk mencuci tangan lewat gerakan tari. Video yang di upload telah mencapai lebih dari sejuta penonton di tiktok. Sementara di Instagram telah mencapai 25 ribu penonton.

Lagu yang dipakai Dang adalah lagu ‘Ghen’ (Cemburu) yang dipopulerkan oleh penyanyi Min, Erik dan Khac Hung. Lewat tantangannya, Dang mengajak para netizen untuk kampanyekan kebiasaan cuci tangan guna mencegah terinfeksinya virus corona.

“Dang mengajak Anda untuk bergabung dalam tantangan #ghencovychallenge dengan aturan: Anda melakukan gerakan Ms Vy dengan 6 gerakan mencuci tangan berdasar rekomendasi World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan,” tulis Dang bersamaan dengan video yang diunggahnya di Instagram.

Selain itu, di Indonesia juga sempat beredar video tiktok yang berisikan gerakan cuci tangan dari tim Alodokter. Nama akun twitter @Lady StayClassy yang menggugah video ttiktok tersebut menjadi viral.

Video yang dikemas menarik melalui tiktok berisikan tentang bagaimana gerakakan cuci tangan yang benar. “Mungkin bisa dipraktikkan dan di-share ke anak-anak kita..supaya mereka lebih paham lagi dan enggak asal gosok aja,” tulis Lady di akun twitternya.

Cuci Tangan Cegah Virus Corona

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan otoritas kesehatan di berbagai negara terus mendorong kebiasaan hidup sehat terutama mencuci tangan. Orang terinfeksi virus corona bisa menyebarkan virus tersebut melalui tetesan cairan batuk, dan bersin.

Orang pun terdorong untuk tidak sembarangan menyentuh mata dan hidung sebelum mencuci tangan. Karena, tetesan dari batuk atau bersin bisa jatuh ke permukaan mana pun, dan tangan akan menjadi jalan menyebarnya virus masuk ke dalam tubuh.

Hasil riset dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Cambridge memberikan penjelaskan bahwa sangat penting mencuci tangan dengan sabun. Riset yang terbit di jurnal Risk Analysis menggunakan model epidemiologi dan simulasi berbasis data untuk menentukan keterkaitan kebersihan pribadi dengan tingkat penularan penyakit.

Profesor Biofisika, Jhon Hopkins University, Karen Fleming menyatakan melalui akun twitternya, mencuci tangan dengan air dan sabun memiliki kemampuan untuk melarutkan lapisan lemak yang membungkusnya dan membunuh virus corona.

 

 

Add a Comment