Jenis Kerja Part Time Yang Cocok Untuk Mahasiswa

part time

PrimaBerita – Salah satu jenis pekerjaan adalah kerja part time atau kerja paruh waktu yang merupakan sebuah jenis pekerjaan sampingan yang dianggap bisa menambah pemasukan. Biasanya jam kerja part time membutuhkan waktu 3 hingga 5 jam per hari, tetapi tergantung jenis pekerjaannya juga.

Biasanya, para mahasiswa sering memburu jenis pekerjaan ini. Mereka menggunakan waktunya di pagi hari untuk kuliah, lalu sorenya bekerja. Atau mungkin sebaliknya. Mulai pagi hingga sore mereka akan bekerja dan pada saat malam kembali untuk menjalankan kuliah.

Akan tetapi, mahasiswa sering kebingungan untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang cocok untuk mereka kerjaan. Jika merasa bingung, perhatikan baik-baik. Siapa tahu jenis pekerjaan di bawah ini cocok untukmu.

Jenis-jenis Kerja Part Time

  • Guru Les Privat

Jenis kerja part time yang pertama adalah menjadi guru les. Anda bisa menawarkan jenis pelajaran apa saja yang anda bisa sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Misalnya guru les matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa asing, dan masih banyak lagi.

Anda boleh menawarkan untuk datang langsung ke rumah murid atau murid yang akan mendatangi anda. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk les privat adalah 1 sampai 2 jam saja per hari. Bagaimana, anda tertarik untuk menjadi guru les?

  • Barista

Yang satu ini adalah pekerjaan menyajikan kopi untuk pelanggan. Gajinya juga lumayan loh. Cobalah untuk melamar pekerjaan barista ini jika jadwal kuliah anda setiap hari masuk pagi.

  • Pelayan/Penjaga Toko

Pekerjaan ini cocok bagi anda yang kuliah di malam hari. Karena menjadi pelayan atau penjaga toko memang harus dilakukan setiap hari dan jam kerjanya rata-rata 9 jam per hari. Kita bisa memilih untuk bekerja part time di toko handphone misalnya.

Atau pekerjaan lain, seperti menjadi pelayan restoran KFC. Di sana ada pembagian shiftnya. Sesuaikan dengan waktu kuliahmu.

  • Desainer

Biasanya desainer bisa dilakukan di rumah anda sendiri, yaitu dengan cara memberitahukan kepada teman-teman atau saudara, bahwa anda memiliki keahlian dibidang desain komputer.

  • Programmer

Mirip dengan jenis pekerjaan desainer. Anda akan mendapat upah saat anda berhasil membuat sebuah program komputer dan menjualnya kepada perusahaan misalnya.

  • Penulis dan Penerjemah

Bagi anda yang suka menulis, anda bisa menjalankan pekerjaan ini setelah pulang kuliah, misalnya menulis dibeberapa koran-koran lokal dan sebagai penerjemah bahasa asing pada perusahaan penerbit.

  • Fotografer

Jika anda memiliki kemampuan dalam foto memfoto serta memiliki kamera sendiri, maka jenis pekerjaan ini sangat cocok anda lakukan setelah pulang kuliah. Disamping anda sering jalan-jalan, anda akan mendapatkan upah dari hasil kerja anda sendiri.

  • Pemandu Wisata

Ini sama juga dengan pekerjaan sebagai fotografer. Disamping anda sering jalan-jalan, anda akan mendapatkan upah dari hasil kerja anda sebagai pemandu wisata (tour guide).

LIHAT!!!  Tips Berlibur Saat Uang Pas-pasan Di Tanggal Tua

  • Personal Assistant

Biasanya, jenis pekerjaan part time sebagai personal assistant banyak didapat di Ibu Kota atau kota-kota besar yang ada di Indonesia. Dan orang-orang yang membutuhkan tenaga personal assistant kebanyakan adalah artis.

Soal gaji? Wah gajinya lumayan besar juga.

  • Kasir Supermarket

Selanjutnya adalah sebagai kasir supermarket. Jika anda memiliki jadwal kuliah pagi, maka ambillah yang shift sore. Tapi sebaliknya jika anda kuliah malam, maka ambil shift pagi. Anda akan menerima upah rutin setiap bulannya!

  • Pelatih Olahraga

Anda bisa menjadi pelatih olahraga bagi anak-anak misalnya: pelatih renang, pelatih senam, pelatih yoga, pelatih bulu tangkis, pelatih sepak bola, pelatih muaythai, atau juga pelatih karate dan pencak silat.

Biasanya sih ini dilakukan para lelaki.

Jadi setelah melihat semua jenis pekerjaan di atas, anda tertarik pada yang mana?

 

baca juga : Pesona Pantai Di NTT Yang Mampu Membuat Matamu Tak Berkedip

Add a Comment