Indonesia Memiliki 5 Jenis Makanan Pokok Terbaik

Indonesia Memiliki 5 Jenis Makanan Pokok Terbaik

Primaberita– Bagi orang Indonesia, nasi adalah jenis makanan pokok. Bahkan orang Indonesia sering bilang, “Belum bisa dibilang makan kalau belum makan nasi”.  Ternyata, ada jenis makanan lain yang bisa dijadikan sebagai makanan utama, seperti singkong, sagu, dan lainnya.

Walaupun, nasi sebagai makanan pokok, ternyata dari sisi kesehatan bukanlah salah satu cara untuk bertahan hidup. Justru, ada bahaya yang menghantui. Maka, alangkah baiknya bila  mengkonsumsi makanan secara bervariasi, sebagai asupan gizi bagi tubuh. Berikut ini pilihan jenis makanan pokok yang bisa dikonsumsi.

Jenis makanan pokok Indonesia beserta kandunganya

1. Nasi

Nasi memang makanan pokok di Indonesia. Selain Indonesia, nasi juga menjadi makanan pokok di Negara lain, salah satunya di Benua Asia. Karena nasi putih adalah sumber energi bagi tubuh.

Dalam seporsi nasi atau sekitar 200 gram nasi putih, terdapat hampir 250 kalori dan 53,2 gram karbohidrat.  Sayangnya, nasi memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsinya.

Jika ingin mengkonsumi selain nasi putih, ada jenis nasi lainnya bisa dikonsumsi dan sehat yaitu nasi merah.

Baca juga : Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes yang Harus Diketahui

2. Jagung

Jagung adalah makanan pokok masyarakat Madura yang diolah menjadi nasi jagung. Selain daerah Madura, beberapa daerah di Jawa Timur, jagung sudah menjadi makanan pokok secara turun temurun.

Jagung memang cocok untuk dijadikan makanan pokok. Jagung memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat.  Dalam satu jagung manis terdapt 177 kalori dan 41 karbohidrat. jagung juga bisa untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, vitamin B1, vitamin B9, serta magnesium dan kalium harian tubuh kita.

3. Singkong

Sebagian daerah Indonesia, singkong menjadi makanan pokok. Singkong adalah jenis tumbuhan akar yang bisa diolah dengan banyak cara, mulai dari dikukus, digoreng, dan menjadi tiwul. Singkong merupakan salah satu makanan paling padat nutrisi. Dalam sekitar 100 gram singkong terkandung 40 gram karbohidrat, 165 kalori dan 2 gram serat, gula, dan protein.

Baca juga : Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Konsumsi Sekarang

4. Sagu

Daerah Indonesia bagian Timur, sagu sebagai makanan pokok mereka. Makanan yang didapat dari pohon bernama sagu ini, bisa diolah menjadi pepeda yang disajikan bersama ikan kuah kuning.

Sagu ini bisa menjadi sumber energi yang baik, karena kandungan karbohidrat dan kalorinya yang tinggi. Di dalamnya juga sebenarnya masih terdapat mineral seperti zat besi, kalium, dan kalsium. Selain itu, sagu juga mengandung vitamin dan asam folat.

5. Ubi

Ubi memang cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin diet. Karena ubi merupakan sumber energi yang baik sekaligus memberikan  serat, vitamin A, vitamin C dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

 

Add a Comment