Hal Yang Diperhatikan Saat Memakai Softlens

hal yang diperhatikan saat memakai softlens

Menunjang Penampilan Saat Memakai Softlens

PrimaBerita – Khususnya bagi pemula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memakai softlens. Hal ini berguna agar menjaga kondisi mata tetap stabil dan tidak mudah terkena iritasi mata.

Fungsi softlens sendiri digunakan sebagai alat bantu penglihatan mata yang terkena minus, tapi tak jarang pula dipakai untuk menunjang penampilan.

Beberapa dari kaum milenial menggunakan softlens hanya sebagai gaya-gayaan saja, karena softlens diklaim akan mengubah warna mata saat memakainya. Warna yang tersedia juga banyak seperti warna biru, abu-abu, hitam, cokelat, hazel, dan lain sebagainya.

Memang terlihat cantik, tapi apakah anda tahu apa saja hal yang harus diperhatikan saat memakai softlens? Jika asal-asalan maka resikonya dapat berakibat fatal lho.

10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Softlens

Baca Juga : Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami Dalam Seminggu

Perhatikanlah hal-hal berikut ini.

Pastikan Tangan Anda Steril

Ya, selain menggunakan alat capit/alat bantu pasang softlens, biasanya orang sering juga untuk menempelkan softlens menggunakan jari telunjuk. Hal ini tidak akan masalah bila anda membilas atau mencuci bersih tangan anda terlebih dahulu. Guna menghindari kuman yang menempel pada jari, cucilah tangan anda terlebih dahulu dengan sabun anti kuman dan air bersih.

Gunakan Softlens Kualitas Terbaik dan Perhatikan Masa Kadaluwarsanya

Softlens yang terjual sangatlah banyak dengan ragam merek dan harga. Jangan terlalu tergiur pada softlens yang berharga murah, tetapi cari tahu dulu terlebih dahulu kualitasnya, atau coba minta testimoni dari beberapa orang yang sudah pernah memakai softlens sebelumnya.

Dianjurkan untuk membeli softlens di toko optik, bila perlu sesuai arahan atau anjuran dokter. Perhatikan juga masa kadaluwarsa softlens tersebut dan masa kadaluwarsa airnya. Biasanya masa kadaluwarsa softlens dan airnya maksimal selama enam bulan setelah dipakai.

Hindari Kuku Panjang

Kuku yang panjang bisa merobek softlens saat anda hendak melepasnya dari mata anda. Untuk itu guntinglah kukumu agar softlensmu terjaga dengan baik.

Waktu Pemakaian Softlens Dalam Sehari

Coba hindari pemakaian softlens yang terlalu lama. Disarankan durasi pemakaian softlens adalah enam sampai delapan jam per hari. Hal ini untuk menghindari bakteri pada mata. Selain itu jika menggunakan softlens yang terlalu lama bisa membuat mata anda kurang nyaman atau bahkan perih.

Jangan Memakai Softlens Pada Saat Tidur

Bahayanya, ketika softlens dipakai pada saat tidur, mata menjadi iritasi dan bahkan softlens menjadi tidak bisa dilepas. Walaupun tidurmu hanya sebentar, ada baiknya melepas softlens terlebih dahulu.

Cuci Softlens Secara Rutin

Mencuci softlens juga wajib untuk diperhatikan. Caranya adalah merendam dengan cairan pembersih khusus selama 4 jam kemudian buang cairan yang telah diendapkan tadi. Isilah kembali dengan air softlens yang baru pada penyimpanan softlens.

Jangan Lupa Menenteskan Cairan Softlens Pada Mata

Hal ini diperlukan guna menghindari softlens yang melengket pada mata. Ketika mata menjadi kering, softlens yang lengket tadi akan susah untuk dicabut sehingga dapat menyebabkan kerusakan fatal pada mata. Jadi jangan malas ya untuk meneteskan air softlens per 15 menit sekali.

Menjauh Dari Tempat Yang Berdebu

Sebisa mungkin mata anda jauhkan dari tempat yang berdebu, sebab jika tidak maka mata anda akan terkena iritasi dan terasa gatal sekali. Jika mengharuskan anda berada di tempat yang berdebu, gunakanlah pelindung seperti kacamata biasa yang tidak berobat. Jika tidak, segera lepas softlens anda.

Jangan Berbagi Softlens

Maksunya di sini adalah gunakanlah softlens untuk dipakai pada satu orang saja. Karena jika kamu secara gantian memakai softlens yang sama, baik itu pada temanmu atau bahkan saudaramu sendiri, maka bisa saja bakteri yang menempel pada matanya akan menyerang matamu juga. Kan kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi mata setiap orang.

Simpan Softlens Di Tempat Yang Bersih

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat memakai softlens adalah membeli kotak softlens yang baru dan jangan pernah meletakkan softlens secara sembarangan. Biasanya ada wadah khusus untuk menyimpan softlens yang banyak dijual dibeberapa toko kacamata. Bentuk dan warnanya juga beragam.

Nah, jika wadahnya sudah dibersihkan dan diisi air softlens, maka letakkanlah softlensmu dan tutup dengan rapi.

 

Ketika semua hal di atas telah kamu mengerti, maka kamu akan merasakan kenyamanan saat menggunakan softlens atau lensa kontak.

Add a Comment