7 Manfaat Penting Minum Teh Hitam Bagi Kesehatan

7 Manfaat Penting Minum Teh Hitam Bagi Kesehatan

Primaberita– Minum teh saat pagi adalah sebuah kebiasaan dari masyarakat Indonesia. Minum teh hitam memiliki manfaat bagi kesehatan karena teh hitam adalah salah satu jenis teh yang dipercaya baik untuk tubuh.

Teh hitam memiliki kandungan kafein yang lebih banyak daripada teh lainnya. Tetapi, teh hitam lebih rendah kandungan kafeinnya dari kopi. Sehingga, bila kita sering mengkonsumsinya tidak akan menjadi masalah. Karena teh hitam juga mengandung antioksidan dan phytonutrient yang membantu membersihkan racun pada tubuh.

Berikut ini 8 Manfaat Minum Teh Hitam Bagi Kesehatan

1. Adanya Sifat Antioksidan

Perlu kita ketahui, sifat antioksidan yang terkandung dalam teh hitam dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Karena dengan mengonsumsi teh hitam dapat membantu hilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh.

Selain itu, teh hitam juga mengandung polifenol, jenis antiosida yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kronis.

Baca juga :ย Rajin Minum Teh Bisa membuat Lebih Panjang Umur, Ini Penjelasannya

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minum teh hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, karena mengandung kelompok antioksidan lain yang disebut flavonoid.

Mengonsumsi teh hitam secara teratur bisa mengurangi banyak faktor risiko dari penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, peningkatan kadar trigliserida, kolesterol tinggi dan obesitas.

Jadi tidak masalah, bilah kita minum teh hitam setiap hari. Karena dengan cara itu, dapat memasukkan antioksidan ke dalam makanan dan berpotensi mengurangi risiko yang mengancam kesehatan bagi tubuh.

3. Mampu Turunkan Kolesterol

Di dalam tubuh kita terdapat dua lipoprotein yang mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh, diantaranya ialah low-density lipoprotein (LDL), dan yang lainnya adalah high-density lipoprotein (HDL).

Berdasarkan hasil bahwa minum lima porsi teh hitam per hari dapat mengurangi 11% kadar kolestrol LDLย  yang terdapat dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Usus

Berdasarkan studi yang dilakukan, ada jenis bakteri dalam usus memainkan peran penting bagi kesehatan. Karena usus mengandung triliunan bakteri, dan 70-80% dari sistem kekebalan tubuh.

Teh hitam memiliki kandungan polifenol mampu menjaga menjaga kesehatan usus. Selain itu, teh hitam juga mengandung sifat antimikroba yang dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari terjangkitnya bakteri yang menganggu kekebalan pada tubuh.

5. Menghambat Terjadinya Kanker

Manfaat teh hitam dapat mencegah kanker. Hal ini disebabkan, teh hitam mengandug polifenol catechin yang membnatu dalam mencegah jenis kanker tertentu.

Terutama dalam menurunkan risiko penyakit kanker serviks dan kanker payudara pada wanita. Teh hitam yang mengandung teaflavin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium dalam tubuh.

6. Menurunkan Resiko Terkena Stoke

Selain dengan menjaga pola makan, berolahraga, dan mengontrol tekanan darah setiap hari untuk mencegah resiko stroke, bisa dengan mengonsumsi teh hitam.

Satu studi menyebutkan bagi seseorang yang minum teh hitam per hari secara rutin bisa mengurangi risiko terkena stroke hingga 32% daripada mereka yang tidak minum teh.

Baca juga :ย Beragam Manfaat Teh Untuk Kecantikan, bisa Mencegah Penuaan Dini

7. Meningkatkan Tingkat Fokus

Teh hitam mengandung kafein dan asam amino yang disebut L-theanine, yang dapat meningkatkan aktivitas sel alfa di otak, yang dapat menghasilkan relaksasi, kewaspadaan, dan menambah tingkat fokus.

Studi telah menemukan bahwa minuman teh hitam memberikan dampak besar pada tingkat fokus, karena teh hitam mengandung L-theaneni dan kafein. Oleh karena itu, di sela menjalankan kativitas kamu bisa minum teh hitam, agar menambah tingkat kefokusan.

Itulah manfaat minum teh hitam untuk kesehatan tubuh. Bila kesehatan kita terjaga, pastinya segala aktivitas yang kita lakukan dapat berjalan lancar.

 

Add a Comment