Sakit Dada Sebelah Kanan? Waspada Serangan Jantung

sakit dada sebelah kanan

PrimaBerita – Pada umumnya serangan jantung terasa pada dada sebelah kiri namun sakit dada sebelah kanan bisa saja terkait dengan serangan jantung. Sakit dada sebelah kanan bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius dan mengancam nyawa.

Jarang diperhatikan karena orang lebih berkonsentrasi pada jantung yang ada di dada sebelah kiri. Padahal, sakit dada sebelah kanan dapat terkait dengan beberapa penyakit serius yang menimpa tubuh, terutama pada orang tua.

Berikut gejala fisik seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, yaitu:

  • Nyeri di dada saat mengubah posisi tubuh.
  • Sensasi rasa perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada.
  • Nyeri di dada terasa tertusuk.
  • Dada terasa seperti diremas, ditekan, dan sesak.
  • Sakit saat bernapas, terutama ketika berbaring.
  • Terasa aliran balik dari saluran cerna di dalam mulut.

Berikut beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan:

Gangguan jantung

Adapun beberapa jenis gangguan jantung, meliputi penyakit jantung koroner, serangan jantung, perikarditis, kardiomiopati hipertrofik, angina, dan diseksi aorta.

Gangguan pernapasan

Masalah paru di antaranya, pneumonia atau infeksi jaringan paru, dan pleuritis atau radang selaput paru. Ada juga pneumothoraxyaitu kondisi paru yang kempis oleh karena cedera sehingga tekanan udara di dalam paru-paru serta pernapasan terganggu. Emboli paru atau penyumbatan pembuluh darah di paru-paru juga bisa membuat dada sebelah kanan terasa nyeri.

Gangguan pencernaan

Penyakit asam lambung yang bisa menyebabkan nyeri dan perih di dada bagian kanan, karena kerongkongan dan jantung berbagi  jaringan saraf yang sama. Radang pankreas juga menyebabkan rasa sakit didada sebelah kanan bawah, terutama saat berbaring. Rasa sakit akibat radang pankreas akan membaik setiap kali bersandar menghadap ke depan.

Stres

Gangguan kecemasan atau stres yang ekstrem, rupanya dapat membuat serangan panik, yang biasanya memiliki gejala yang mirip dengan serangan jantung. Hal ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau dipicu dengan kejadian traumatis atau stres dalam hidup Anda.

Pleuritis

Pleuritis disebabkan oleh pembengkakan pleura di dekat paru-paru. Hal ini sering disebabkan oleh infeksi kuman (virus). Rasa sakitnya akan kian terasa saat batuk dan menarik napas panjang.

Olahraga atau aktivitas

Kegiatan yang melibatkan otot dada secara berlebihan bisa menyebabkan sakit didada sebelah kanan. Sakit ini biasanya berasal dari nyeri otot dan kian memburuk saat otot dada kanan digerakkan.

Peradangan hati atau hepatitis

Letak hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada kanan adalah penyebab kenapa dada bagian kanan terasa sakit saat hati mengalami masalah serius.

Cedera pada dada

Cedera pada tulang, otot, dan saraf. Tulang iga kanan yang patah akan menyebabkan dada, terutama saat bernapas dan batuk. Otot dan tendon yang berada di antara tulang rusuk kanan juga bisa mengalami cedera karena batuk yang terlalu keras atau karena pergerakan.

Add a Comment