Makanan Sehat untuk Kulit yang Wajib Dikonsumsi

PRIMA BERITA – Perawatan yang dipakai pada kulit hanya bekerja di luar. Sedangkan untuk membuat kulit sehat dan cerah, kita memerlukan bantuan dari makanan dari luar. Inilah beberapa makanan untuk membuat kulit cerah dan sehat.

1. Stroberi

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan kaya vitamin C, seperti stroberi, membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan. Peran vitamin C dalam melembapkan kulit mungkin disebabkan oleh kemampuannya menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga mendorong proses sintesis kolagen, yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

2. Tuna

Kandungan omega-3 dalam tuna dapat membantu menjaga kulit agar terlihat awet muda dan mencegah kanker kulit. EPA (eicosapentaenoic), salah satu kandungan lemak dalam ikan yang mengandung omega-3, terbukti dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein berserat yang menjaga kulit tetap halus. Selain itu, DHA (docosahexaenoic acid) dalam omega-3 berfungsi sebagai pencegah kanker kulit dengan mengurangi peradangan yang sebabkan pertumbuhan tumor, kata Homer S. Black, Ph.D., professor emeritus departemen dermatologi Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat. 

3. Pepaya

Pepaya adalah sumber sempurna lainnya dari vitamin C. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dapat melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari dengan memperbaiki DNA yang telah rusak oleh sinar UV. Makanan sehat untuk kulit yang juga kaya vitamin C selain pepaya adalah brokoli dan sayuran berwarna hijau lainnya.

4. Tomat

Tomat mengandung likopen, karotenoid yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Dalam suatu penelitian, partisipan yang terkena paparan sinar UV diketahui berisiko lebih kecil mengalami iritasi kulit setelah mengonsumsi 2 ½  sendok makan pasta tomat atau meminum setidaknya 350 ml jus wortel setiap hari, sebagai tambahan dari makanan mereka sehari-hari selama 10 – 12 minggu.

5. Edamame

Edamame kaya akan isoflavon, antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari penyebab penuaan dini. Isoflavon dapat juga membantu meningkatkan produksi kolagen, yang mulai melambat sekitar umur 20 tahunan.

6. Bayam

Bayam memiliki kadar lutein yang tinggi, berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Ketika membeli bayam, pilihlah bayam di tumpukan paling atas, yang paling banyak terkena cahaya matahari. Penelitian terbaru yang diterbitkan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bayam yang disimpan di bawah cahaya selama setidaknya 3 hari menunjukkan peningkatan kadar vitamin C, K, dan E, asam folat karotenoid lutein, serta zeaxanthin.

Buka juga: Langkah Mudah Mengatasi Jerawat Pubertas


Add a Comment