Penyebab Paling Umum Bayi Sembelit

Awanbabyclothing – Bunda, ketahui penyebab paling umum bayi bisa mengalami sembelit agar penanganannya dapat dilakukan dengan tepat. Sembelit merupakan keadaan dimana bayi sulit buang air besar. Keadaan tersebut terjadi saat bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI ( MPASI).

Berikut penyebab paling umum bayi sembelit :
Bayi Kekurangan Cairan

Ketika bayi kekurangan cairan menyebabkan kotoran bayi kering dan keras. Apalagi jika bayi sudah mengalami tumbuh gigi susu atau mengalami sariawan pasti akan sulit menerima makanan ataupun minuman.

Begitu pula dengan beberapa keadaan lainnya yang akan membuat anak malas minum sehingga akan menyebabkan dehidrasi seperti infeksi telinga, pilek, atau infeksi tenggorokan.

Lihat juga : Tanda-Tanda Bayi Mengalami Alergi Susu Sapi

Bayi pertama kali dikenalkan pada makanan padat

Sembelit umumnya terjadi pada bayi yang mengalami transisi dari awalnya hanya mengonsumsi cairan/ASI kemudian mengonsumsi makanan padat. Pencernaan si kecil masih belum terbiasa dengan makanan padat.

Susu Formula

Biasanya bunda jika memiliki masalah terhadap produksi ASI atau sibuk bekerja, maka bunda akan membererikan susu formula. Komposisi susu formula tentunya memiliki perbedaan dengan ASI, sehingga akan lebih sulit dicerna oleh si kecil. Keadaan ini kemudian akan membuat tinja bayi keras. Akibatnya bayi tidak ingin buang air besar dan justru mengalami sembelit.

Lihat juga : 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Baju Bayi

Keadaan Medis Tertentu

Beberapa penyebab sembelit pada bayi di bawah usia 6 bulan yang umum terjadi yaitu kelainan sistem pencernaan sejak lahir, penyakit celiac, alergi susu sapi, tingginya kadar kalsium dalam darah, kelainan pada sumsum tulang belakang, hipotiroid dan lain sebagainya.

Add a Comment