Kisah Nyata dibalik Film dengan Rating Tertinggi ‘Crash Landing On You’

PrimaBerita – Crash Landing On You menjadi salah satu drama Korea terpopuler awal 2020 dan resmi menjadi drama dengan rating tertinggi yang pernah tayang di tvN pada Minggu (16/2).

Film ini menceritakan kisah cinta Yoon Se-ri (Son Ye-jin), pebisnis dan anak konglomerat Korea Selatan dengan Kapten Ri Jeong-hyeok, prajurit dan anak petinggi militer Korea Utara.

Kisah mereka dimulai ketika Yoon Se-ri tak sengaja tersangkut di pohon kawasan militer Korea Utara akibat cuaca buruk saat paralayang.

Sebelumnya, Lee Jung-hyo menyutradarai Romance is a Bonus Book, Criminal Minds, A Witch’s Love dan In Need of Romance 2012. Sementara itu, Park Ji-eun merupakan otak dari sejumlah drama populer seperti My Love From the Star, The Producers, dan The Legend of the Blue Sea.

Penulis terinspirasi dari insiden nyata

Melansir HanCinema, Park Ji-eun menulis naskah Crash Landing On You karena terinspirasi dari insiden yang terjadi pada 12 September 2008. Yaitu sebuah kapal yang membawa seorang aktris tak sengaja terbawa arus hingga zona demiliterisasi Korea Utara.

Insiden tersebut sesungguhnya pernah diangkat menjadi serial karya Ji Mang-aeng di Daum, portal Korea Selatan, pada 2012-2013. Pembeda kedua serial tersebut adalah tokoh utama dalam Daum merupakan balerina, sementara versi Park Ji-eun adalah pewaris konglomerat.

Park Ji-eun mengaku mengganti kapal ke paralayang sebab konsep tersebut sudah pernah diangkat ke layar kaca dan film, salah satunya adalah film The Net. Ia menilai paralayang dinilai akan memberikan cerita yang lebih kuat karena aktivitas santai.

Dalam sebuah wawancara, Lee Jung-hyo mengaku tertarik menyutradarai Crash Landing On You setelah membaca naskah yang ditulis Park Ji-eun. Menurutnya kala itu, Korea Utara dan kisah cinta merupakan dua hal yang sepertinya tak cocok satu sama lain.

Hal itu membuatnya harus kritis dan kreatif karena tak mungkin mengambil gambar di Korea Utara. Sehingga, pengambilan gambar nuansa Korea Utara sesungguhnya dilakukan di Pulau Jeju, Korsel, dan Mongolia. Beberapa adegan juga diambil di Chungju, Incheon dan Busan.

Tak hanya itu, Korea Herald menyebut mereka juga mendapatkan bantuan dari beberapa orang untuk membuat unsur Korea Utara semakin kental, mulai dari penulis Kwak Mun-an yang merupakan pembelot Korea Utara, serta Baek Gyeong-yoo yang merupakan pakar bahasa Korea Utara.

Crash Landing On You telah tamat pada Minggu (16/2) dengan 16 episode. Lewat rating 21,6 persen, drama itu berhasil melewati capaian Goblin (20,5 persen) pada 2017. Crash Landing On You masih bisa disaksikan di Netflix dan akan digantikan dengan drama Hi Bye, Mama pada 22 Februari.

Add a Comment