Dokter di Wuhan Sempat Peringatkan Tentang Wabah Virus Corona

PrimaBerita – Seorang dokter di China telah memberi peringatan tentang wabah virus Corona. Sebelum virus corona tersebut mulai menyebar dan di umumkan secara resmi oleh pemerintah China.

Pada Bulan Desember 2019, Dr Li Wenliang, seorang dokter di rumah sakit di Wuhan menemukan tujuh kasus virus yang saat ia sebut mirip dengan virus SARS yang pernah mewabah di China pada 2003.

Kasus virus yang ia temukan itu berasal dari pasar ikan Huanan di Wuhan. Saat itu, para pasien yang terkena virus tersebut dirawat di rumah sakit tempat Dr Li bekerja.

Berdasarkan temuannya itu, Dr Li kemudian mengirim pesan ke sesama dokter di sebuah grup obrolan media sosial untuk memperingatkan sesama dokter tentang virus yang ia lihat.

Pesan itu ia kirim pada 30 Desember 2019. Dalam pesannya itu, Dr Li menyarankan agar mereka memakai pakaian pelindung untuk menghindari infeksi.

Saat itu, Dr Li tidak tahu bahwa virus yang ia temukan merupakan virus corona baru yang kemudian mewabah saat ini.

Empat hari setelah ia mengirim pesan tersebut, ia justru didatangi oleh polisi dari Bagian Keamanan Publik. Polisi meminta ia menandatangani surat yang menyebut Dr Li telah menyebar hoaks yang menimbulkan keresahan publik.

Dr Li kemudian menandatangani surat itu dan menyatakan akan mematuhi apa yang diminta oleh polisi.

Pada akhir Januari 2020 atau setelah wabah virus corona menyebar Dr Li mengunggah salinan surat polisi itu di media sosial Weibo dan menjelaskan apa yang terjadi.

Sementara polisi telah meminta maaf atas apa yang mereka lakukan. Seminggu setelah didatangi polisi, Dr Li merawat seorang wanita yang menderita glaukoma.

Dia tidak tahu jika wanita itu ternyata terinveksi virus corona. Ketika dirawat, Dr Li menjalani beberapa kali uji yang awalnya ia negatif.

Namun, ia akhirnya mengabarkan ia positif terinfeksi virus corona pada 30 Januari 2020.

Add a Comment