Dampak Buruk Jika Terlalu Berlebihan Menggunakan Media Sosial

PrimsBerita – Setiap hal yang dilakukan secara berlebihan akan memberikan dampak buruk. Apapun itu termasuk eksis dalam media sosial, terlalu berlebihan menggunakan media sosial juga dapat memicu berbagai dampak buruk.

Keberadaan sosial media yang memudahkan setiap siapa saja yang menggunakannya. Tentu saja menjadikan banyak orang lebih memilih menghabiskan waktu dengan memiliki akun media sosial. Bahkan setiap orang bisa memiliki lebih dari 5 akun di media sosial.

Berikut dampak buruk jika terlalu berlebihan mengggunakan media sosial :

Ketergantungan

Banyak orang tidak menyadari bahwa sudah ketergantungan dnegan media sosial. Bayangkan saja tidak membuka akun media sosial miliknya satu jam saja rasanya pikiran menjadi tidak nyaman, tidak bahagia dan khawatir.

Bagi mereka yang terlalu berlebihan menggunakan media sosial akan merasa ada yang kurang jika belum update status atau ganti foto bahkan berkomentar di akun teman. Jika sudah seperti ini, pasti akan sulit untuk sembuh kecuali anda mengurangi durasi bermain media sosial.

Suasana Hati Gampang Berubah & Kecemburuan Sosial

Saat membuka akun media sosial dan melihat ada sahabat atau teman yang lebih sukses, tidak jarang hal ini akan membuat perasaan anda terluka dan kecewa.

Apalagi ketika ada informasi yang membuat marah secara tidak sengaja dilihat di media sosial, ini akan membuat perasaan menjadi kurang nyaman dan marah. Inilah yang nantinya akan meningkatkan kecemburuan sosial.

Belum lagi, ketika anda memposting status atau foto dan tak ada seorang pun yang memberikan suka atau komentar, dipastikan hal ini akan merubah suasana hat. Jika sudah seperti ini, anda akan merasa kurang bahagia.

Meningkatkan Depresi

Informasi dan komunikasi melalui media sosial tidak jarang membuat suasana hati seseorang mudah berubah sehingga menimbulkan depresi.

Ketika merasa kalah cantik, kalah menarik dan kalah sukses dari teman sesama pengguna media sosial, hal ini akan membuat perasaan menjadi kurang percaya diri, kurang nyaman dan stres hingga depresi.

Add a Comment