7 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Diabetes

PrimaBerita – Manisnya buah kersen memiliki banyak manfaat. Tak kalah dengan buahnya, daun kersen juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena kandungan didalam daun kersen ada senyawa yang baik untuk tubuh.

Pohon kersen sangat mudah ditemukan, biasanya tumbuh di pekarangan rumah  karena ranting dan daunnya yang rindang membuat pohon kersen ini cocok tempat untuk berteduh atau bersantai dibawahnya.

Berikut Manfaat dari daun kersen untuk kesehatan :

1. Mengontrol kadar kolesterol

Kandungan saponin dan flavonoid yang ada dalam daun kersen sudah banyak diteliti mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurunnya kadar kolesterol jahat dalam darah akan berguna untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Baca juga : Manfaat Buah Durian Berdasarkan Kandungannya Bagi Kesehatan Tubuh

2. Mengobati diabetes

Kandungan saponin dan flavonoid juga ternyata mampu untuk membantu seksresi hormon insulin dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa hormon insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah. Daun kersen bisa membantu mengontrol gula darah sehingga baik digunakan untuk mencegah diabetes kambuh dan bisa dijadikan pencegahan untuk Anda yang memiliki potensi daibetes.

3. Antikanker

Kandungan senyawa tanin, saponin, dan flavinoid dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu pemicu kanker.

4. Anti Bakteri

Bakteri yang terbukti bereaksi pada ekstrak daun kersen antara lain seperti E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis. Setiap bakteri menyebabkan infeksi yang berbeda. Bakteri E. Coli merupakan bakteri utama penyebab diare.

Selanjutnya bakteri P. Aeruginosa penyebab otitis internal. Bakteri S. Aureus bisa menginfeksi saluran pernapasan dan juag kulit. Serta bakteri B. Subtilis yang umumnya menyebabkan kerancunan makanan.

Baca juga : Berbagai Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh

5. Anti peradangan

Daun kersen yang aktif melawan bakteri membuat daun kersen dapat bertindak sebagai agen anti inflamasi.

Anda bisa menjadikan daun kersen sebagai salah satu obat alternatif untuk mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan atau bisa juga mengobati peradangan pada kulit. Selain meredakan peradangan, daun kersen juga dipercaya mampu untuk mengurangi nyeri pada tubuh.

6. Mencegah tekanan darah tinggi

Penyakit darah tinggi bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yang berbahaya karena bisa memicu penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Daun kersen memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi kambuh. Namun jika tekanan darah tinggi sudah terlanjut kambuh dan sudah parah, obat herbal ini efektivitasnya akan menurun.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan manfaat daun kersen yang sudah disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa daun kersen memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin yang ada dalam daun kersen membuat daun ini mampu memelihara tubuh dan menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

Add a Comment