Waspadai, Kebiasaan Makan Ini yang Merusak Jantung

Kebiasaan Makan Merusak Jantung

PrimaBerita – Untuk menjaga kesehatan jantung anda harus menjaga gaya hidup anda termasuk pola makan. Ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak jantung yang perlu untuk anda ketahui.

Jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti. Jantung berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kesehatan jantung anda pelihara agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusaknya.

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Mungkin Anda juga sudah sering mendengar dokter menganjurkan untuk rutin olahraga, menjaga berat badan ideal, dan tidak merokok. Hal ini karena beberapa langkah tersebut merupakan metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya merokok dan jarang berolahraga yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kebiasaan makan yang buruk juga bisa merusak jantung. Pola makan dan makanan tertentu dapat berdampak buruk untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, hindari kebiasaan makan berikut ini agar jantung tetap sehat.

Berikut kebiasaan makan yang merusak jantung, melansir dari berbagai sumber :

Terlalu banyak makan makanan yang manis

Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan produksi insulin. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan perkembangan plak di pembuluh darah.

Plak dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Kurang asupan serat

Asupan serat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Serat juga punya peran penting dalam mengontrol kadar gula darah. Kondisi ini berperan penting dalam kesehatan jantung.

Terlalu banyak asupan garam

Tak hanya gula, garam yang berlebih juga tak baik untuk jantung. Konsumsi garam meningkatkan tekanan darah yang dapat berimplikasi langsung terhadap jantung. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Terlalu banyak minum soda

Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association menunjukkan mengonsumsi minuman bersoda meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta stroke.

Terlalu banyak makan lemak jenuh

Dikutip dari Eat This, konsumsi lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dalam waktu lama kondisi ini dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit jantung.

Add a Comment