Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Kesehatan, Menurunkan Diabetes

PrimaBerita – Bagi generasi muda minum cokelat panas merupakan hal yang disukai, selain enak juga minum cokelat panas juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan organ kardiovaskular hingga menurunkan risiko diabetes.

Cokelat panas adalah minuman panas yang dibuat dari cokelat atau kakao bubuk dan gula, dengan air atau susu hangat. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa cokelat panas menyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao.

Berikut manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Organ Kardiovaskular

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam British Journal of Nutrition, disebutkan bahwa rutin minum cokelat panas bisa membuat organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah menjadi semakin sehat. Hal ini berarti, risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke bisa diturunkan dengan signifikan.

Baca juga : Cokelat Termahal di Dunia, Attimo La Chuorsa Seharga Iphone 11

Hal ini disebabkan oleh keberadaan senyawa flavalol di dalam minuman ini yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta memperbaiki kondisi pembuluh darah sehingga bisa mengalirkan darah dengan lebih rileks dan maksimal.

2. Membuat Fungsi Kognitif Otak Semakin Meningkat

Penelitian membuktikan bahwa rutin minum dua cangkir cokelat panas dalam sehari bisa membuat fungsi kognitif otak terjaga. Bahkan, hal ini juga disebut-sebut bisa mencegah risiko pikun pada orang tua.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan polifenol di dalam cokelat yang bisa membuat fungsi otak membaik dan flavanol yang bisa memperbaiki sirkulasi darah. Hal ini akan berimbas pada otak yang tetap bisa mendapatkan darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi. Dampaknya tentu akan membuat fungsinya terjaga sekaligus membuat risiko terkena alzheimer dan Parkinson bisa ditekan.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Sebagaimana saat makan cokelat, minum cokelat panas juga bisa membuat suasana hati kita meningkat. Kita akan merasakan sensasi tenang sekaligus meredakan stres yang sebelumnya dialami. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan flavanol yang bisa memberikan dampak-dampak tersebut.

Berdasarkan penelitian, senyawa flavanol juga bisa membuat risiko terkena gangguan kesehatan mental seperti depresi diturunkan dengan signifikan.

4. Mengendalikan Berat badan

Kemampuan minuman cokelat panas dalam membuat regulasi energi tubuh semakin membaik. Dampaknya adalah kita tidak akan mudah lapar atau tertarik mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Baca juga : Sarapan Dengan Kue Cokelat Bisa Bikin Langsing

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Meskipun tergolong dalam minuman dengan rasa yang manis, pakar kesehatan menyebut cokelat panas memiliki kandungan flavanol yang bisa mencegah datangnya diabetes.

Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengendalikan kadar gula darah. Flavanol mampu membuat pencernaan melambat sehingga penyerapan karbohidrat pun tidak akan berlangsung terlalu cepat. Hal inilah yang berimbas pada menurunnya risiko diabetes.

Add a Comment