Hati-hati! Ini 4 Penyebab Seseorang Bisa Pingsan Mendadak

penyebab pingsan mendadak

PrimaBerita – Penyebab pingsan mendadak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Saat pingan seseorang menjadi lemas tak berdaya bahkan bisa tidak ingat apa yang telah ia lakukan sebelumnya. Ini karena kesadaran yang hilang secara tiba-tiba dan sifatnya pun sementara. Umumnya pingsan bisa terjadi karena berkurangnya aliran oksigen ke otak. Meski pingsan bukan suatu masalah yang serius akan tetapi sebaiknya ada perlakuan penanganan yang tepat saat mendapati seseorang tengah pingsan.

Nah bagi anda yang sedang mencaritahu kenapa seseorang bisa pingsan secara mendadak, berikut penjelasan faktor penyebab pingsan.

Sindrom Sinus Karotis

Sindrom sinus karotis bisa menjadi salah satu penyebab tiba-tiba pingsan. Arteri karotis merupakan arteri utama yang menyalurkan pasokan darah ke bagian otak manusia. Saat terjadi tekanan pada sensor tekanan (sinus karotis) itulah yang dapat menyebabkan seseorang tak sadarkan diri.

Sinkop Neurokardiogenik

Sinkop neurokardiogenik bisa berkembang lantaran ada kerusakan jangka pendek dari sistem saraf otonom. Adapun sistem saraf otonom berfungsi untuk mengontrol fungsi tubuh secara otomatis, termasuk mengontrol laju pernafasan, detak jantung, dan juga pencernaan. Pada neurally mediated syncope, tekanan darah mengalami penurunan yang memperlambat denyut nadi dan detak jantung. Jadi kondisi ini bisa mengganggu suplay darah serta oksigen otak selama beberapa selang waktu.

Hipotensi Ortostatik

Penyebab selanjutnya yakni karena hipotensi ortostatik. Ini terjadi akibat berdiri terlalu cepat dari posisi duduk maupun berbaring. Posisi duduk seseorang dapat membuat gravitasi menarik darah ke area kaki sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada area tubuh yang lain.

Selain itu sistem saraf biasanya bereaksi terhadap hal seperti ini dengan meningkatkan detak jantung hingga mempersempit pembuluh darah hanya untuk menstabilkan tekanan darah. Namun jika terjadi sesuatu yang merusak proses stabilisasi maka hal ini bisa menyebabkan suplay darah serta oksigen yang buruk ke otak. Itu yang menyebabkan anda bisa pingsan mendadak.

Hiperventilasi

Hiperventilasi merupakan keadaan seseorang menarik nafas terlalu dalam atau bahkan terlalu cepat dari yang biasanya. Pembuluh darah akan menyempit sehingga mampu memperlambat aliran darah ke otak. Sementara itu kondisi ini  juga bisa terjadi saat seseorang sedang panik berlebihan.

Add a Comment