7 Makanan Ini Bisa Turunkan Gula Darah dalam Tubuh

PrimaBerita – Kadar gula darah yang tinggi bisa berujung fatal. Untuk itu anda harus mengonsumsi makanan yang bisa turunkan gula darah dalam tubuh apalagi bagi pengidap diabetes.

Peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes dapat berisiko menimbulkan dampak pada kesehatan, seperti kelelahan, pusing. Kadar gula yang tinggi bisa memicu diabetes, gagal ginjal, hingga penyakit kardiovaskular.

Berikut 7 Makanan yang bisa turunkan gula darah dalam tubuh

1.Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan dengan indeks glikemik yang terbilang rendah. Dengan begitu, buah ini cocok dimanfaatkan untuk membantu menurunkan gula darah. Menariknya lagi, oatmeal mengandung  B-glukan, yang memiliki manfaat:

  • Mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan.
  • Meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Membantu menjaga kontrol glikemik.
  • Mengurangi lemak darah (lemak).

Baca juga : Penderita Diabetes? Jangan Makan Makanan Panas, Bahaya!

2. Kacang-kacangan

Makanan yang bisa menurunkan gula darah lainnya adalah kacang-kacangan. Makanan ini kaya serat dan rendah indeks glikemik. Di samping itu, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, dan nutrisi lainnya, termasuk:

  • Vitamin antioksidan.
  • Fitokimia, seperti flavonoid.
  • Mineral, termasuk magnesium dan kalium.

3.Ikan Tuna

Makanan yang mengandung protein dapat membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya. Protein tidak meningkatkan indeks  glikemikmu, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.

Ikan tuna merupakan sumber protein yang bagus. Rendah lemak tidak sehat dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Beberapa jenis ikan yang juga direkomendasikan adalah ikan forel, ikan kembung, dan ikan salmon.

4 .Blueberry dan Blackberry

Blackberry dan blueberry tidak meningkatkan kadar gula darah seperti kebanyakan buah lainnya. Berry ini kaya serat dan memiliki konsentrasi antisianin tertinggi. Antosianin sendiri bisa menghambat enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pencernaan.

5. Kakao

Kakao adalah biji mirip kacang yang digunakan untuk membuat selai cokelat dan manisan seperti mentega cokelat. Sebelum diolah, kakao memiliki rasa pahit.

Biji kakao kaya akan antioksidan dan mengandung flavanols yang disebut epicatechin, yang mengatur produksi glukosa. Kondisi ini sedikit banyak dapat membantu menstabilkan gula darah, bahkan untuk pengidap diabetes.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki potensi untuk membantu mengelola gula darah. Penelitian menunjukkan asupan bawang putih dapat menurunkan glukosa darah puasa atau kadar gula darah sebelum makan.

Bawang putih juga rendah indeks glikemik, sebab tidak memiliki karbohidrat, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Baca juga : Gejala Diabetes Yang Satu Ini Paling Kerap Diabaikan Orang

7. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam mengandung magnesium dan vitamin A yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Selain bayam, sayuran lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kale, lobak, kubis, dan selada.

Add a Comment