Gejala Diabetes Yang Satu Ini Paling Kerap Diabaikan Orang

PrimaBerita – Gejala diabetes dimulai dari cepat haus, sering buang air kecil, namun ada satu gejala diabetes yang kerap diabaikan banyak orang. Gejala tersebut adalah gangguan penglihatan.

Gangguan penglihatan pada diabetes yang pertama ialah retinopati diabetik. Kondisi ini merupakan gangguan pembuluh darah yang menyebabkan pendarahan dan mengganggu penglihatan. Namun gejala diabetes yang satu ini kerap diabaikan.

Para ahli kesehatan menekankan pentingnya mengenal gejala diabetes, termasuk segera mengambil tindakan jika mengalami penurunan penglihatan.

Tak ada gejala awal yang dirasakan hingga penderita mengalami gangguan penglihatan, seperti melihat benda mengambang, yang sebenarnya adalah kebocoran darah pada mata. Kondisi ini bisa membawa risiko kehilangan penglihatan permanen.

Gangguan penglihatan lain ialah penyakit glaukoma. Terjadi akibat adanya tekanan cairan menumpuk di bagian dalam mata akibat diabetes. Menyebabkan kerusakan pada saraf dan pembuluh darah yang memicu gangguan penglihatan.

Gangguan penglihatan tersebut umumnya dapat diatasi dengan obat-obatan termasuk tetes mata. Termasuk operasi serta laser mata bila diperlukan.

Pola hidup tak sehat disinyalir jadi akar penyakit diabetes Tipe 2. Diabetes termasuk penyakit kronis yang akan disandang seumur hidup.

Sehingga penderita harus pandai mengatur pola hidup agar kadar gula dalam darah tetap stabil, dengan cara melakukan kontrol rutin kadar gula darah, tekanan darah, serta kolesterol.

Penyakit diabetes Tipe 2 muncul akibat kadar gula yang tinggi pada darah. Kadar gula tinggi itulah yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada pembuluh darah, saraf, hingga organ.

Kerusakan pembuluh darah sendiri berpengaruh besar pada penglihatan. National Eye Institute menyebut, penyakit mata yang terjadi pada penyandang diabetes yakni retinopati diabetik, diabetic macular edema, katarak, dan glaukoma.

 

Add a Comment