Langkah Benar Membersihkan Wajah Berminyak

PRIMA BERITA – Mencuci wajah pada umunya terlihat sangat mudah dan sederhana. Namun ternyata, langkah mencuci wajah pada tiap kondisi kulit yang berbeda itu berbeda loh. Inilah langkah yang benar untuk membersihkan wajah yang berminyak. Pastikan untuk ikuti dengan benar ya guys!

Cuci tangan

Pertama sebelum memulai, cucilah tangan sebelum menyentuh wajah. Jika tangan kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air hangat.

Ikat rambut

Bagi yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka.  Rambut yang basah dan mengenai wajah bisa membuat kulit jadi rentan terkena bakteri dan kotoran yang menempel di rambut. Ikat rambut, dengan begitu kalian juga akan lebih nyaman untuk mencuci wajah.

Bersihkan dulu riasan 

Bagi yang menggunakan make up sehari-hari, baiknya bersihkan terlebih dulu dengan pembersih khusus sesuai jenis kulit. Tetap basuh wajah dengan air hangat setelahnya walaupun sudah dibersihkan dengan pembersih make up.

Gunakan lotion pembersih (jika ada)

Sebelum memulai cara mencuci muka yang benar, umumnya kalian bisa menggunakan rangkaian milk cleanser dan toner di tahap pertama. Keluarkan sedikit lotion pembersih atau milk cleanser pada ujung jari atau handuk. Perlahan oleskan pembersih ke seluruh wajah. Pastikan untuk mengoleskannya ke semua area, yakni dagu, dahi, hidung, pipi dan leher. Pijat wajah dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelahnya basuh dengan kapas yang telah dibasahi air.

Cuci wajah dengan air dingin

Cuci wajah dengan air dan pembersih muka tipe kulit berminyak, meski sudah dibersihkan dengan lotion pembersih. Bersihkan wajah di bagian T-Zone, yakni dahi, hidung dan dagu. Lalu bilas hingga merasa pembersihnya telah terbilas semua. Kalian juga dapat menggunakan spons untuk wajah ataupun kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.

Usap wajah perlahan

Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya. Gunakan handuk yang khusus untuk muka, jangan pakai handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

Gunakan toner

Jika kulit berminyak, disarankan untuk memakai toner wajah setelah selesai mencuci muka. Toner dapat membersihkan semua bekas riasan, debu, dan minyak yang pembersih tidak bisa bersihkan. Toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

Lembapkan kulit

Gunakan pelembap wajah setelah mencuci wajah karena kulit akan kering setelah dicuci, meskipun jika jenis kulit berminyak. Pastikan pelembap yang digunakan adalah yang oil-free dan berbahan dasar air atau gel.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

Add a Comment