Tips Menjaga Kesehatan Anak Kuliahan

Prima Berita – Menjaga kesehatan untuk anak kuliahan tentu saja bukan hal yang mudah, pasalnya mereka memiliki jadwal kuliah yang padat, tugas yang menumpuk, serta kegiatan di luar kuliah sering kali menyita banyak waktu sehingga banyak mahasiswa mempunyai pola makan yang tidak sehat. Walaupun demikian padatnya jadwal kalian, jangan lupa untuk mengikuti tips di bawah ini untuk tetap menjaga kesehatan anak kuliahan ya guys!

Minum banyak air

Minum air yang cukup sering kali dilupakan oleh anak kuliahan, apalagi jika sedang sibuk-sibuknya. Padahal, tubuh membutuhkan setidaknya 8 gelas per harinya. Jika kalian kurang minum, tentu saja akan memengaruhi konsentrasi dan performa saat kuliah. Oleh karena itu, supaya tidak lupa, selalu bawalah botol minum ke dalam kelas dan jangan lupa diminum ya airnya.

Batasi makan junk food

Makanan cepat saji adalah salah satu pilihan utama mahasiswa yang tidak sempat memasak makanannya sendiri. Padahal, kebanyakan makanan cepat saji adalah makanan yang miskin nutrisi. Jika kalian terpaksa mengkonsumsi makanan cepat saji, maka lakukanlah dengan bijak, seperti:

  • membatasi konsumsi dalam seminggu
  • memilih ukuran makanan yang paling kecil
  • memperbanyak porsi salad dan mengurangi dressingnya
  • mengganti soda dengan air putih
  • memilih makanan yang dipanggang daripada digoreng

Pilih camilan yang sehat

Gantilah minuman manis dengan teh tawar, serta makanan yang digoreng dengan buah-buahan. Camilan sehat tertentu seperti granola dan oat mungkin cukup mahal bagi kantong anak kuliahan, tapi kalian bisa menggantinya dengan camilan yang tidak kalah sehat seperti tempe, kacang-kacangan, dan salad buatan sendiri.

Masak makanan sendiri

Memasak dan menyiapkan bekal adalah kegiatan yang menghabiskan banyak waktu. Namun, kalian dapat menyiasati masalah ini dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimasak pada waktu senggang, misalnya sebelum tidur. Agar waktu lebih efisien, gunakanlah teknik memasak yang sederhana seperti tumis atau panggang.

Belanja bahan makanan yang sehat

Belanja harian atau mingguan bisa menjadi rutinitas yang mustahil bagi seorang mahasiswa, jadi cobalah berbelanja setiap dua hingga empat minggu sekali agar lebih praktis. Belilah bahan-bahan awet untuk disimpan dan tidak rumit diolah. Sesekali, kalian juga bisa menyimpan stok makanan beku atau makanan instan asal tidak berlebihan.

Baca juga : Nutrisi Untuk anak kuliahan!

Add a Comment