Kebiasaan yang Membuat Kulit Cepat Keriput

Prima Berita – Kulit cepat keriput merupakan bagian dari proses penuaan. Kerutan-kerutan di wajah akan muncul dan membentuk kulit cepat keriput. Tentu saja keriput dapat dicegah, karena faktanya kulit cepat keriput karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Hindari kebiasaan ini untuk mencegah kulit keriput.

1.      Menarik kulit saat menggunakan make up

Menarik atau menggosok kulit wajah saat dirias bisa menyebabkan munculnya kerutan. Kenakan makeup tanpa harus menarik kulit wajah seperti bagian pinggir mata, mulut, maupun alis saat sedang mengaplikasikan makeup. Menggerakkan wajah untuk membantu makeup jadi lebih pas diaplikasikan ke wajah boleh-boleh saja, asalkan jangan menarik kulit sampai terlihat datar.

2.      Kurang mengonsumsi lemak sehat

Lemak baik, seperti asam lemak omega-3 dari ikan dapat membantu mencegah berbagai sakit kronis seperti sakit jantung dan diabetes. Selain itu, lemak pada ikan dapat memperbaharui sel membran yang dapat membantu mempertahankan kadar air pada kulit agar ternutrisi dan terasa lembab dan halus. Selain ikan asam lemak omega-2 dapat didapatkan melalui kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari.

3.      Mengorek dan memencet jerawat

Bagi yang suka mengorek jerawat, segera hentikan kebiasaan ini. Biarkan jerawat hilang menggunakan obat jerawat, treatment ke dokter, atau diamkan saja sampai membaik sendiri. Mengorek atau memencet kulit yang berjerawat akan menyebabkan kerusakan, iritasi, luka, dan kerutan.

4.      Minum pakai sedotan

Sedotan mungkin membantu menghindari noda di gigi, tetapi hal ini justru juga bisa menjadi penyebab kulit keriput di bagian mulut. Menyedot terus-menerus dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan garis kerut di sekitar mulut. Cobalah minum langsung dari kaleng atau botolnya jika memungkinkan.

5.      Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat menjadi penyebab kulit keriput di bagian bawah mulut, sekaligus juga dapat mengakibatkan masalah pada struktur mulut. Mengonsumsi permen karet dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat menyebabkan risiko diabetes.

6.      Tidak pakai kacamata hitam

Sering memicingkan mata karena menahan silau akan membuat sudut mata keriput. Pastikan memakai kacamata yang memiliki filter UV untuk menjaga mata dari sinar matahari yang dapat merusak kulit di sekitar mata.

Baca juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

 

 

 

Add a Comment