Cara Membersihkan Kulit yang Berminyak

Prima Berita – Bagi kalian yang memiliki kulit yang berminyak, ada beberapa cara yang perlu diikuti saat membersihkan wajah. Kulit yang berminyak membutuhkan perawatan dan cara yang berbeda dengan kulit normal. Apa saja sih yang perlu diperhatikan? Check it ut guys!

1.      Suhu air yang tepat

Langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk membersihkan minyak dari wajah adalah menggunakan air dengan suhu hangat. Air dingin untuk membersihkan kulit berminyak juga dinilai tidak efektif dan tak maksimal. Bahkan, cara membersihkan kulit yang berminyak tersebut justru dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Spesialis kulit menyarankan untuk membersihkan area wajah maksimal 2-3 kali sehari.

2.      Memilih pembersih yang paling cocok

Para ahli menyarankan untuk membeli pembersih kulit ringan dengan pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Jika kulit berminyak dan sensitif, sebaiknya menghindari produk yang beraroma. Juga hindari penggunaan scrub, karena bisa saja mengandung bahan yang tidak sesuai untuk kulit wajah.

3.      Maskeran pakai masker lumpur

Menggunakan masker lumpur dapat mengurangi produksi minyak dan menghilangkan banyak kotoran. Maskeran setidaknya sekali seminggu dapat membantu mengatasi kulit berminyak, debu yang menumpuk, dan sel kulit mati yang mengakibatkan kerusakan serta minyak berlebih. Sebagai tambahan dari pembersih muka biasa, masker lumpur juga membantu menyamarkan penampakan pori-pori yang besar (bukan mengecilkan pori-pori) yang merupakan masalah umum pada orang dengan kulit berminyak.

4.      Rutin melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi sendiri maksudnya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang terjebak dan menyumbat pori-pori. Mencuci muka menggunakan bahan yang mengandung oatmeal dapat memberikan sensasi menenangkan walaupun scrub dan microbead yang terkandung di dalamnya hanya boleh digunakan sekali dalam seminggu. Orang yang berjerawat tidak disarankan untuk melakukan cara ini karena scrub bisa memerparah kondisi iritasi dan peradangan.

5.      Pentingnya menggunakan toner

Fungsi toner adalah untuk menurunkan kadar pH kulit dan membersihkan debu atau minyak yang tidak dapat dibersihkan oleh sabun muka biasa. Orang yang memiliki kulit berminyak dapat menggunakan toner yang mengandung alkohol.

6.      Gunakan pelembap secukupnya saja

Banyak orang yang hanya menggunakan pelembap di bagian yang kering, daripada di seluruh wajah. Pelembap yang mengandung dimethicone atau glycerin dapat memberikan hasil yang lebih baik dibanding krim yang lebih berat. Ditambah lagi, pelembap juga dapat mempermudah perawatan kulit pada cuaca hangat di mana kelembapan dan panas menyebabkan produksi minyak meningkat. Pilihlah produk kombinasi (pelembap ber-SPF) yang dapat melindungi sekaligus melembapkan di saat yang sama.

Baca juga: Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

 

Add a Comment