5 Manfaat Mandi Pagi Yang Jarang Kamu Ketahui

Prima Berita-Manfaat mandi di pagi bukah hanya membuat segar, tapi sebagai salah satu metode Hidroterapi. Penelitian menunjukan manfaat mandi pagi dapat membantu mengurangi depresi. Hidroterapi adalah sejumlah latihan fisik dengan berendam di dalam air hangat.

Sumber lain menjelaskan bahwa Hidroterapi merupakan sebuah bentuk pelayanan medikal spa yang menggunakan air sebagai media terapinya. Bentuk terapi fisik ini dapat membantu penderita untuk melenyapkan berbagai keluahan. Namun sayangnya, mandi di pagi hari terkadang sering kita abaikan. Entah karena terburu-buru atau tidak suka terkena air di pagi hari. Padahal, mandi bukanlah sekedar aktifitas biasa, faktanya mandi di pagi hari  memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1.Melancarkan sirkulasi Darah

Mandi di pagi hari dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ketika air menyentuh tubuh maka arteri akan merespon dengan menyalurkan darah lebih baik. Mandi pagi juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan pembuluh darah.

2. Mengurangi Stres

Mandi di pagi hari dapat mentolerir stress bahkan penyakit. Hal ini karena saat kita terbiasa mandi pagi, antioksidan bernama gluthatione, akan membuat zat antioksidan lain bekerja secara maksimal. Kinerja zat antioksidan dalam tubuh yang maksimal membuat lebih tahan akan tekanan stress yang datang.

3.Menjadi lebih bahagia

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan, mandi air dingin selama dua hingga tiga menit selama lebih dari dua minggu mampu meningkatkan mood jadi lebih baik. Peneliti bahkan menyarankan bahwa mandi air dingin bisa digunakan untuk mengatasi depresi.

4.Memperbaiki suasana hati

Menurut para peneliti di Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi di pagi hari dapat menstimulasi titik biru otak – sumber utama noradrenalin – yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi. Membiarkan air masuk ke dalam kulit dan pori-pori tubuh Anda, tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran Anda.

5.Meningkatkan Kinerja Jantung

Ketika tubuh kita sedang kedinginan akibat mandi menggunakan air dingin, maka tubuh akan mencoba mencari udara hangat dari luar.Hal ini kemudian akan meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh. Tinginya kadar oksigen akan membuat kinerja jantung menjadi lebih baik dan akan menyalurkan energi untuk menjalani harimu.

Add a Comment