Kenali Penyebab Sesak Nafas Selain Gangguan Paru-paru

penyebab sesak nafas

PrimaBerita – Mungkin sebagian besar orang menganggap penyebab sesak nafas adalah karena adanya gangguan paru-paru maupun jantung. Namun pada dasarnya kondisi ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal lain. Dengan demikian bila anda merasakan sesak nafas atau susah nafas, bisa jadi penyebabnya oleh beberapa hal berikut ini.

Kecemasan

Saat seseorang sedang cemas ataupun stres, otot yang membantu pernafasan dapat mengalami kontraksi. Sehingga sistem pernafasan bisa menjadi lebih pendek dari yang biasanya. Oleh sebab itu kecemasan bisa membuat seseorang menjadi sesak nafas hingga memicu panik. Sehingga anda perlu mengindari cemas dan stres.

Cacing Tambang

Cacing tambang bisa masuk ke tubuh saat seseorang berjalan tanpa alas kaki pada tanah yang terkontaminasi. Dan hal ini rupanya bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya susah nafas. Ketika parasit ini telah menginfeksi tubuh maka cacing tambang bisa tumbuh pada usus. Seiring waktu parasit ini akan memakan darah dan dapat mengurangi sel darah merah. Sehingga asupan oksigen pun menjadi terganggu oleh karenanya.

Anemia

Penyebab sesak nafas selain karena gangguan paru-paru yaitu bisa terjadi karena adanya anemia. Sel darah merah membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga perlu asupan zat besi agar proses tersebut berjalan dengan lancar. Sehingga anemia bisa menjadi penanda nyeri dada ataupun sesak nafas. Bahkan bisa juga memunculkan pusing.

Myasthenia Gravis

Myasthenia Gravis merupakan sebuah gangguan kesehatan yakni gangguan auto imun yang membuat saraf maupun otot mudah lelah. Gangguan ini juga bisa menyebabkan diafragma terlalu lemah untuk mendukung sistem pernafasan. Maka kondisi ini yang bisa membuat seseorang menjadi susah nafas atau sesak nafas. Gejala lainnya dari penyakit ini juga bisa menimbulkan kelopak mata yang mulai terkulai.

Infeksi

Bakteri yang masuk ke dalam hidung bisa menyebar ke bagian paru-paru serta memicu terjadinya infeksi. Kemudian kondisi ini juga bisa memicu pneumonia (radang paru-paru). Maka selain sesak nafas, pneumonia juga bisa memiliki tanda-tanda seperti demam, mual, menggigil, serta nyeri dada.

Add a Comment