Parade Penobatan Kaisar Naruhito, Ribuan Warga Tokyo Antusias

primaberita-parade-penobatan-kaisar-naruhito

Primaberita – Ribuan orang berkumpul di Kota Tokyo menjelang parade penobatan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako yang digelar pada Minggu (10/11), sore waktu setempat. Sekitar 26.000 polisi dikerahkan untuk mengamankan parade ini.

Pada parade penobatan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menumpangi Toyota Century atap terbuka (soft top) warna hitam dalam parade sejauh 4,6 kilometer dimulai dari Istana Kekaisaran menuju Akasaka Estate. 

Baca juga : Gara-Gara Babi, Inflasi China Tertinggi Sejak 2012 Dan Melonjak Tinggi

Sementara mobil lainnya seperti ditumpang Perdana Menteri Shinzo Abe akan mengikutinya di belakang. Sekitar 50 kendaraan akan mengikuti parade bersejarah ini.

“Saya tak sabar untuk melihat gaun yang akan dikenakan Ratu Masako,” kata warga Tokyo Hiroko Kikuta (60) mengutip AFP, Minggu (10/11).

“Ini akan menjadi kesempatan terakhir saya untuk melihat pawai kekaisaran,” tambah Yukari Oshita, saat dia menunggu di dekat Istana Kekaisaran.

Perlu diingat parade ini seharusnya digelar pada Oktober lalu, namun ditunda karena Jepang dilanda Topan Hagibis.

Naruhito (59) secara resmi menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito pada Mei 2019. Ia ingin mengikuti jejak sang ayah yang dinilai berhasil membawa monarki tertua di dunia itu lebih dekat dengan rakyat.

“Ketika saya memikirkan tentang tanggung jawab penting yang saya emban, saya dipenuhi dengan rasa hormat,” tutur Naruhito dalam pidatonya.

Terkait : Michael Bloomberg Resmi Akan Hadapi Trump Di Pilpres Amerika Serikat

Dia berjanji untuk selalu mengingat jalan yang telah dipijak sang ayah dan mengabdikan dirinya untuk terus melakukan ‘perbaikan diri’.

Kaisar Akihito melepas Takhta Krisantemun-nya setelah tiga dekade berkuasa. Takhta kekuasaan kemudian diisi oleh sang putra, Pangeran Naruhito, yang dinobatkan pada Rabu (1/5). 

Add a Comment