Mengenal Pipa PVC, Mulai Perbedaan, Kelebihan, Hingga Jenisnya

primaberita-Pipa-PVC

Primaberita – Pipa PVC atau yang lebih dikenal dengan istilah paralon adalah singkatan dari Polyvinyl chlorida yang terbuat dari bahan sejenis plastik dan kombinasi vinyl lainnya. Memiliki sifat yang tahan lama dan tidak mudah rusak,berkarat atau membusuk. Sehingga pipa PVC ini paling sering digunakan dalam sistem irigasi/perairan dan pelindung kabel.

Lalu Apa Perbedaan pipa PVC dengan Pipa uPVC?

PVC (Polyvinyl Chloride) Merupakan sebuah material plastik yang sedikit dikeraskan. Namun tetap mempertahankan sifat lenturnya , sehingga mudah untuk dibentuk menjadi apapun yang kita inginkan. Plastik jenis ini biasanya sangat ekonomis dan diolah menjadi barang yang dapat kita temui sehari-hari seperti ember, tempat sampah,dll.

Material ini masih sangat bersifat plastis seperti plastik pada umum nya sehingga akan cukup berbahaya jika tidak digunakan dengan baik.

UPVC ( Unplasticised Polyvinyl Chloride) Berbeda dengan material PVC , material ini sudah diolah kembali untuk menghilangkan sifat plastis nya. Sehingga menjadi keras, kokoh, tahan terhadap api, tergantung pada bahan pencampurnya. Bahkan ada UPVC yang mendapat predikat greenline yang arti nya material ini dapat diurai oleh bumi sehingga aman bagi bumi.

Material inilah yang biasa digunakan di dunia pembangunan , seperti kusen pintu dan jendela, switch untuk lampu,dll karena fungsi nya yang sangat baik. Oleh karena itu harga material ini lebih mahal dibanding PVC. Sebagai contoh , jika pada umum nya kita mengenal pintu PVC sebagai pintu kamar mandi , pintu dengan bahan UPVC biasanya digunakan sebagai pintu utama, pintu kamar di hotel – hotel maupun perumahan mewah.

Kelebihan Pipa PVC

  • Penginstalannya mudah
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • Sangat kuat
  • Memiliki daya tahan korosi.
  • Daya konduksi panas yang rendah
  • Biaya instalasinya rendah
  • Hampir bebas pemeliharaan (virtually free maintenance)

Jenis-Jenis Pipa PVC

Berdasarkan Ketebalan Pipa

Pipa PVC yang umum dijumpai di pasaran ada tiga tipe: AW, D, dan C. Tipe-tipe ini dibagi berdasarkan ketebalan dari pipa tersebut.

Pipa AW adalah pipa PVC yang paling tebal dan kuat. Pipa ini mampu menahan tekanan air hingga 10 kg/cm2. Pipa ini cocok digunakan untuk saluran air bersih karena menahan tekanan dari pompa air serta gravitasi karena ketinggian tandon air.

Pipa D memiliki ketebalan sedang yang mampu menahan tekanan hingga 5 kg/cm2. Pipa ini cocok digunakan untuk saluran air limbah dan air kotor.

Pipa C adalah pipa dengan ketebalan paling tipis. Pipa jenis ini biasanya digunakan bukan untuk saluran air, namun untuk pembungkus kabel-kabel instalasi listrik atau jaringan komunikasi.

Berdasarkan Ukuran

Pipa PVC biasanya dijual dengan panjang 4 meter. Untuk diameter penampangnya, biasanya dinyatakan dalam ukuran inci. Diameter pipa PVC bervariasi mulai dari ⅝, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, dan 6 inci.

Ukuran Pipa Air Bersih

Pipa air bersih pada rumah biasanya menggunakan tipe AW dengan diameter ½ dan 1 inci. Pipa dengan ukuran 1 inci biasanya dipasang pada saluran induk air bersih, seperti dari tangki air atau dari instalasi PAM. Kemudian cabang dari saluran induk menggunakan pipa berukuran ½ inci.

Ukuran Pipa Air Kotor

Pipa air kotor dapat menggunakan pipa tipe D. Ukuran 4 inci digunakan untuk saluran air limbah (buangan kamar mandi), air kotor dari kamar mandi, air cucian, dan air hujan. Pipa harus berukuran besar agar kotoran-kotoran dapat lewat dengan lancar. Pipa ini dipasang pada pinggir bangunan.

Ukuran 3 inci dapat digunakan untuk pipa vertikal buangan air hujan dari talang air yang ada pada atap rumah. Ukuran pipa tidak harus besar karena hujan tidak turun setiap hari dan tidak sesering pembuangan air kotor dan air limbah.

Kombinasi dari pipa berukuran 4 dan 3 inci dapat digunakan untuk pembuangan air kotor. Pipa horisontal pembuangan dari kloset menuju septic tank menggunakan pipa berukuran 4 inci. Namun apabila rumah memiliki dua tingkat, pipa vertikal dapat menggunakan ukuran 3 inci.

Ukuran 2 inci dapat digunakan untuk pembuangan dari wastafel dan tempat cuci piring atau kitchen sink.

Berdasarkan Bentuk

Pipa polos adalah pipa dengan diameter yang konsisten pada keseluruhan panjang batangnya. Untuk menyambung pipa ini dibutuhkan pipa penyambung atau fitting.

Pipa MOF adalah pipa dengan salah satu ujungnya lebih besar dari ujung lainnya. Dengan salah satu ujungnya lebih besar, pipa ini dapat disambung dengan pipa lainnya tanpa memerlukan penyambung.

Pipa fitting digunakan untuk menyambungkan dua hingga empat pipa. Bentuknya ada berupa increaser, bentuk T, bentuk L, bentuk tanda tambah, dan lain-lain sesuai dengan jumlah batang yang disambungkan.

Pipa talang memiliki penampang berupa huruf U dan digunakan khusus untuk mengalirkan air hujan. Pipa talang biasanya dipasang pada lisplang atau ujung jurai atap rumah.

Atas dasar kebutuhan yang tinggi, PT Sinar Utama Nusantara dengan merk dagang Denya memproduksi pipa HDPE dan pipa PVC dengan standar SNI dan juga JIS. Untuk harga pipa bersahabat.

Informasi pemesanan pipa HDPE dan PVC, Kunjungi PT. Sinar Utama Nusantara atau langsung datang ke kantor atau lokasi pabrik di Jl. Batang Kuis km. 3.8 Pasar V, Desa Telaga Sari Tg. Morawa – Deli Serdang. Sumatera Utara – INDONESIA

Add a Comment