Loading...
Editor Choice Kesehatan Kuliner

Makanan untuk si Penderita Diabetes

PRIMA BERITA – Diabetes merupakan kondisi dimana tubuh memiliki glukosa yang berlebih yang diakibatkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin yang berperan dalam menjaga kadar gula darah. Oleh sebab itu, memperhatikan makanan untuk penderita diabetes sehari-sehari adalah salah satu kunci utama untuk mengendalikan gula darah. Ada banyak makanan yang enak, mengenyangkan, dan tak kalah sehat untuk mengontrol gula darah. Cek bacaan di bawah ini guys!

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi esensial lainnya. Tak hanya itu. Sayuran hijau juga cenderung rendah kalori dan karbohidrat, sehingga baik untuk mengendalikan gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan gula darah diabetes datang dari kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah. Kedua antioksidan tersebut juga dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak, yang merupakan komplikasi diabetes paling umum. Beberapa sayuran hijau yang baik sebagai makanan untuk penderita diabetes seperti brokoli, bayam, sawi, bokchoy, dan kubis.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan pilihan makanan yang aman dikonsumsi sebab kacang kaya serat dan protein, dan juga mengandung karbohidrat kompleks dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Kacang juga diperkaya dengan magnesium, yang turut berperan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Beberapa pilihan kacang yang paling baik dikonsumsi penderita diabetes seperti kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang pistachio, kacang tanah, dan kacang merah.

Loading...

Buah beri

Buah beri tinggi akan antioksidan yang dapat membantu mencegah stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri erat kaitannya dengan resistensi insulin dan berbagai penyakit kronis lainnya, seperti penyakit jantung dan sejumlah kanker. Selain kaya antioksidan, buah beri juga tinggi serat dan mengandung berbagai mineral serta vitamin esensial yang baik untuk tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam buah beri dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula secara drastis dan membuat kenyang lebih lama. Buah beri juga memiliki indeks glikemik yang rendah (kurang dari 55) sehingga efektif menjaga gula darah tetap stabil. Beberapa pilihan buah beri yang baik seperti stroberi, blackberi, bluberi, dan raspberi.