Temukan Serbuk Emas Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Ini Penjelasannya

Primaberita – Munculnya berbagai bentuk ukiran yang terbuat dari emas yang diduga berasal dari era Kerajaan Sriwijaya di kawasan bekas kebakaran lahan, di (OKI) Desa Serdang, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan membuat heboh masyarakat.

Penemuan ini bukan kali pertama, sejak 2012 warga sekitar juga pernah mendapat harta karun yang diyakini peninggalan Kerajaan Sriwijaya di lokasi tersebut, namun tidak banyak. Kemudian pada 2015 saat kebakaran lahan juga ditemukan berbagai bentuk emas, keramik, guci, serbuk emas bahkan perahu.

Untuk berburu harta karun ini kembali dilakukan oleh warga pasca kebakaran lahan di kanal lahan gambut Oktober 2019 ini. Bahkan, tidak hanya warga sekitar ada banyak warga dari luar daerah yang tertarik untuk berburu harta karun ini.

Lokasi tersebut memang berada di kawasan pantai timur Sumatera atau daerah paling luar Sumatera Selatan yang membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk sampai ke lokasi.

Baca juga: Timnas Indonesia Rombak Susunan Pemain Jelang Menghadapi UEA

“Selain akses jalan darat, kami juga harus naik perahu ketek selama lebih kurang 40 menit dengan ongkos Rp20 Ribu,” ucap Wahyudi, warga setempat.

“Pernah dapat serbuk emas, kalau barang lain tidak pernah. Yang ke sini banyak sekali jadi mesti cepat, ada yang sendirian maupun berkelompok,” ujar Wahyudi.

Sementara Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Cengal, Abdul Maja menuturkan dirinya sempat mendatangi lokasi bersama warga sekitar.

“Memang ada warga yang menemukan barang antik dan lempengan emas, bahkan ada yang mendapat cincin bagi yang beruntung,” jelas Abdul Maja.

Baca juga: 5 Cara Mudah ini Dijamin Ampuh Atasi Galau, Jam Tangan Berkarat? Jangan Panik, Ini Solusi Mengatasinya

Add a Comment