Hiburan Kesehatan Lifestyle Serba Serbi

5 Cara Mudah ini Dijamin Ampuh Atasi Galau

Primaberita – Galau adalah suatu perasaan yang timbul dari hati berupa kegelisahan atau keresahan terhadap suatu hal. Jika galau, hati tidak akan merasa tenang dan yang ada hanyalah sebuah rasa resah. Cara mudah ini dijamin ampuh atasi galau untuk kembali fokus terhadap sebuah pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukan.

Ini ke 5 cara yang dijamin ampuh atasi Galau

1. Traveling

Traveling merupakan salah satu kegiatan yang dinilai mampu memberikan efek relaksasi yang menyegarkan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk sesegera mungkin melakukan perjalanan dan mendapatkan kesenangan. Pergilah ke suatu tempat dan nikmati suasananya.

2. Menari

Menari bisa menurunkan tingkat kecemasan dibandingkan dengan aktivitas fisik lainnya. Dalam sebuah penelitian dengan orang yang memiliki gangguan kecemasan, diberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu di empat tempat. Keempat tempat itu adalah kelas tari modern, kelas olahraga, kelas musik dan kelas matematika. Dengan menari kesehatan fisik juga akan meningkat.

3. Bernyanyi

Salah satu manfaat bernyanyi adalah mengurangi stres. Hal ini terbukti melalui sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh seseorang dapat menurun setelah bernyanyi. Bernyanyi bersama-sama, seperti dalam kelompok paduan suara atau bernyanyi bersama teman-teman, diketahui dapat meredam dan mengatasi mood negatif, seperti kecemasan dan rasa sedih.

4. Mendengar Musik

Lantunan musik yang di dengar diawali oleh getaran gelombang suara. Gelombang suara ini kemudian masuk menuju telinga bagian tengah tempat bermukimnya gendang telinga, untuk selanjutnya diteruskan ke telinga dalam.

Di area telinga dalam, gelombang suara ditangkap oleh sel-sel rambut yang terdapat di dalam koklea untuk diubah menjadi sinyal listrik. Barulah kemudian sinyal suara ini dikirim ke otak melalui serabut saraf saat merespon sinyal listrik tersebut, hipotalamus langsung bekerja meningkatkan mood bahagia dopamin sambil menurunkan hormon kortisol.

5. Berlari

Eitss tunggu dulu.. Bukan berlari dari kenyataan loh yah. Lari merupakan salah satu olahraga yang paling baik untuk kesehatan. Pasalnya, selain dapat membakar kalori, juga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Gerakan berulang yang dilakukan saat berlari dapat menyebabkan pengeluaran zat kimia di otak, yang disebut serotonin dan norepinefrin, yang dapat membuat kita merasa nyaman dan senang.

Mudah bukan? Yuk, coba satu persatu, sudah saatnya untuk membuat pilihan yang lebih baik dalam hidup. Jangan sampai waktu berharga terbuang sia-sia karena kegalauan, ya.