30 Kuliner Medan Super Rekomendasi. Harus Dicoba!

11. Teh Susu Telur Pak Haji

Teh Susu Telur merupakan salah satu wedangan paling difavoritkan oleh warga Medan. Tempat yang paling terkenal dengan menu ini adalah TST Pak Haji yang sudah populer sejak tahun 1960-an. Letaknya yang berada di Jalan Puri tak pernah sepi oleh pembeli. Paduan teh, susu, serta telur dari bebek atau ayam kampung tak pernah berubah. Kamu yang butuh stamina untuk jelajah kota Medan, wajib coba wedangan ini!

12. Mie Balap Mail

Medan memiliki mie balap yang biasa disantap untuk sarapan. Warung yang terkenal dengan menu ini adalah Mie Balap Mail yang berlokasi di Jalan Krakatau. Sajian kuliner ini sederhana yaitu diletakkan di atas daun pisang. Isinya yang terdiri dari bihun atau kwetiaw, telur, dan seafood pas untuk dijadikan energi sebelum mencoba makanan enak lain.

13. Nasi Kentut

Namanya aneh, tapi kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya. Disebut nasi kentut karena dibungkus menggunakan daun kentut. Aromanya wangi dengan perpaduan rempah yang khas. Seporsi nasi ini disajikan bersama dengan ikan pepes, ayam goreng, tahu, serta tempe. Rasanya pun semakin nikmat dengan paduan sambal terasi, sambal hijau, atau sambal goreng.

14. Mie Pecal Pak Yus

Seporsi kuliner ini terdiri dari mie kuning yang dicampur dengan bihun. Kemudian ada tambahan potongan bakwan yang memiliki cita rasa unik. Kemudian, mie tersebut disiram dengan bumbu pecel. Rasanya nikmat, sementara harganya murah meriah, termasuk mie pecal buatan Pak Yus.

15. Es Pokat

Sangat sederhana, minuman ini terbuat dari alpukat yang dihancurkan dan kemudian ditambah dengan susu serta gula merah. Sebelum populer, Es Pokat Kocok Bu Lia sudah dikenal banyak orang. Bahkan, banyak orang yang rela antre berjam-jam demi mendapatkannya.

16. Rujak Kolam Takano Juo Medan

Kuliner Medan rekomendasi ini terletak di dekat Kolam Deli serta Masjid Raya Al Mashun. Penjual rujak tersebut cukup banyak, dan salah satunya adalah Takana Juo yang terbilang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Tak jauh beda dengan lainnya, camilan ini terdiri dari potongan buah segar yang disiram dengan bumbu rujak. Tak lupa taburan kacang yang rasanya renyah.

17. Soto Sinar Pagi

Soto Medan memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan lainnya. Seporsinya terdiri dari kuah santan kental dengan warna kuning kehijauan. Rasa gurihnya nendang, begitu pula dengan isiannya yang melimpah. Rumah Makan Soto Sinar Pagi menjadi salah satunya yang menawarkan kuliner Medan ini. Tak hanya pecinta kuliner, pejabat negara juga banyak yang berlangganan makan di sini.

18. Ubi Tumbuk

Ubi tumbuk menjadi hidangan berikutnya yang wajib kamu coba saat liburan ke ibukota Sumatera Utara. Sayuran ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk sederhana menggunakan lesung. Kemudian, tumbukan tersebut dioseng bersama rempah-rempah sehingga aromanya semerbak. Tidak susah mendapatkannya karena banyak rumah makan yang menyediakan.

19. Ci Cong Fan

Makanan tradisional juga menjadi santapan wajib saat liburan di Medan. Seperti ci cong fan yang bentuknya mirip dengan kwetiau. Hidangan ini terbuat dari tepung beras dan tang mien yang disajikan dengan siraman kecap asin serta taburan bawang goreng. Isinya juga beragam, ada yang daging sapi, babi, serta sayuran. Tinggal pilih sesuai seleramu.

20. Bika Ambon Yen-yen

Bika Ambon yang memiliki tekstur lembut dan bikin penikmatnya ketagihan. Penjual camilan ini cukup banyak, dan Toko Yen-yen salah satunya. Letaknya di Jalan Mojopahit No.26, Petisah Tengah, Medan Petisah. Tak jauh dari situ, ada juga Bika Ambon Zulaikha yang beralamat di Jalan Mojopahit No.96.

Baca juga: Es Krim Rasa Guinea Pig, Aneh Tapi Nagih

Add a Comment