Waspada Kanker Usus!

PRIMA BERITA – Salah satu masalah yang sering menyerang orang sekarang adalah kanker usus besar. Melihat dari pola makan dan gaya hidup orang sekarang, tubuh menjadi rentan akan penyakit terutama kanker usus. Kanker usus seringkali tidak menunjukkan gejala yang spesifik di fase-fase awal, sehingga kita sendiri pun tidak sadar akan kanker ini yang lama-kelamaan berkembang menjadi semakin parah.

Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan, gejala ini menjadi tanda bahwa kita perlu lebih memperhatikan usus besar kita. Ayo simak gejala di bawah.

Refluks asam lambung yang sulit diatasi

Gejala paling awal yang bisa terlihat pada penderita kanker usus adalah refluks asam lambung yang sulit untuk diatasi. Kondisi ini bisa membuat asam lambung naik mencapai pangkal tenggorokan dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Kondisi ini umumnya terjadi karena gangguan pada lambung akibat pola makan yang tidak sehat, namun pada penderita kanker usus akan muncul tumor di saluran pencernaan yang bisa merangsang produksi asam lambung menjadi lebih banyak daripada biasanya.

Sakit perut parah yang datang tiba-tiba

Gejala lain dari kanker usus besar yang perlu kita waspadai adalah seringnya mengalami sensasi sakit perut parah yang datang tiba-tiba. Sakit ini bisa saja datang setelah kita makan. Ternyata hal ini disebabkan oleh adanya sumbatan pada usus yang membuat laju makanan terhambat dan ahirnya membuat kita mengalami sensasi nyeri pada perut.

Perut kembung

Perut kembung wajar muncul jika kita menelan terlalu banyak udara pada saat makan atau mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memicu produksi gas dalam jumlah banyak di dalam perut. Namun apabila kalian sering mengalami sensasi perut kembung sehingga perut terasa penuh, berarti kalian perlu mewaspadai mungkinnya ada kanker usus di dalam tubuh.

  • Penurunan berat badan drastic

Kanker usus bisa menyebabkan terjadinya pendarahan pada usus. Biasanya darah ini akan ikut keluar pada saat BAB. Jika pendarahan ini terus terjadi, kadar zat besi di dalam tubuh akan menurun drastis dan membuat tubuh lebih lemat. Jika terjadi penurunan berat dengan drastis, waspadailah gejala kanker usus besar.

Add a Comment