Resep Cappuccino yang Sehat

PRIMA BERITA – Cappuccino, kopi dengan krim dan gula, merupakan kopi yang sangat terkenal di kalangan semua orang terutama kalangan anak muda. Di negara asalnya, kopi ini hanya disajikan pada pagi hari untuk sarapan. Menurut masyarakat di sana, minum secangkir kopi ini di pagi hari sudah cukup mengenyangkan untuk mengganjal perut karena kandungan susu di dalamnya. Namun di Indonesia sendiri, cappuccino diminum tidak hanya di pagi hari, namun di kala santai dan senggang.

Cappuccino dikenal dengan kopi yang dipadukan dengan krim dan gula, krimnya sendiri terbuat dari campuran susu. Apabila kalian pergi ke coffee shop dan memesan segelas cappucinno, biasanya kandungan dari segelas cappuccino adalah 80 hingga 120 kalori. Selain itu harganya juga tidak murah, segelas cappuccino di sebuah toko coffee shop bisa saja berkisa antara 30 hingga 60 ribu rupiah. Tidak murah juga kan?

Hari ini, kita akan berbagi resep membuat cappuccino yang sehat dan tentu saja tidak mahal. Selain itu rasa cappuccino dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kalian. Ayo ikutin cara di bawah ini!

Buatlah kopi terlebih dahulu

Kopi yang dibuat disini bukanlah kopi instant, melainkan kopi yang dibuat dari biji kopi yang telah dihaluskan menjadi bubuk. Jika kalian mempunyai alat pembuat kopi, maka kalian bisa membuat kopi melalui mesin tersebut. Jika kalian tidak mempunyai mesin pembuat kopi, kalian boleh menyeduh kopi dengan air mendidih lalu disaring.

Buatlah foam susu

Membuat foam susu sebenarnya tidak memerlukan peralatan yang mewah, hanya dengan memanfaatkan alat-alat yang ada di rumah. Kalian lebih baik menggunakan susu rendah lemak selain karena lebih sehat, susu ini juga merupakan pilihan yang baik untuk yang sedang berdiet. Untuk yang intolerant susu, susu nabati seperti susu kedelai maupun susu almond merupakan pilihan yang baik. Berikut langkah-langkahnya.

  • Rebus 250ml susu rendah lemak dalam api sedang, panaskan hingga mendidih.
  • Pindahkan susu tadi ke dalam termos tahan panas. Pastikan termos tertutup rapat.
  • Kocok termos dengan cepat dan berulang-ulang selama 30 detik atau sampai berbusa banyak.
  • Foam susu siap digunakan.

Tahap terakhir adalah dengan memasukkan kopi terlebih dahulu ke dalam cangkir lalu tambahkan susu dan foam busa. Lebih baik mengkonsumsi cappuccino tanpa gula. Kalian boleh menambahkan bubuk kayu manis di atas cappuccino. Voila, cappuccino siap untuk diminum

Add a Comment