Hidup Sehat, Cobalah Diet Nutritarian!

PRIMA BERITASiapa yang tidak ingin hidup sehat? Beragam cara telah dilakukan hanya untuk memperoleh tubuh yang indah, namun apakah cara itu membuat tubuh kita sehat? Diet Nutritarian boleh menjadi solusi anda!

Cara yang sering digunakan orang untuk mendapatkan hidup yang sehat adalah dengan diet sehat. Diet yang sehat tidak hanya sekadar membantu kita mencapai berat badan yang ideal, namun juga memberikan tubuh yang sehat. Pola makan yang kita jalani dalam suatu diet sebaiknya memberikan manfaat kesehatan. Keunggulan inilah yang ditawarkan oleh diet nutritarian.

Diet nutritarian pertama kali diciptakan pada tahun 2003 oleh seorang dokter bernama Joel Fuhrman. Diet ini tidak hanya memperhitungkan jumlah kalori yang kita konsumsi, namun juga kualitas nutrisi yang ada di dalam makanan. Pola makan diet nutritarian berfokus pada makanan alami yang berbasis pada makanan nabati, rendah garam, rendah lemak, dan tidak mengandung gluten. Pantangan utama dari diet ini adalah makanan yang telah diproses, sebab makanan yang telah diproses telah menurunkan kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan.

Prinsip utama yang diterapkan oleh sang penemu adalah jumlah nutrisi dalam setiap kalori yang masuk ke tubuh kita akan menentukan berat badan dan efek jangka panjangnya bagi kesehatan. Kita tidak harus membatasi asupan kalori secara besar-besaran, seperti kebanyakan jenis diet lainnya. Kita hanya perlu memilih jenis makanan yang tepat berdasarkan persentase terhadap asupan kalori dalam sehari. Sebagai gambaran, sebanyak 30-60% asupan kalori kita dalam sehari sebaiknya berasal dari sayur-sayuran. Jika total asupan kalori kita adalah 1.800 kkal, maka 30-60% dari angka total tersebut adalah 540-1.080 kkal.

Beberapa ketentuan yang harus ditaati

Inilah ketentuan persentase dalam diet nutritarian yang perlu diperhatikan.

nilah ketentuan persentase dalam diet nutritarian yang perlu diperhatikan.

  • Sayuran sebanyak 30-60%. Utamakan sayuran yang segar.
  • Buah-buahan sebanyak 10-40%. Kandungan ini setara dengan 3 buah apel, pisang, dan jeruk berukuran sedang.
  • Polong-polongan dan legum sebanyak 10-40%, setara dengan 3 sendok makan kacang polong yang belum dimasak.
  • Kacang dan biji-bijian sebanyak 10-40%, atau sama dengan 1 sendok makan kacang sebelum dimasak.
  • Gandum utuh dan umbi-umbian tidak lebih dari 20%, yakni sama dengan 2 buah kentang berukuran sedang.

Selamat mencoba!

Baca juga : Pantangan Makanan Diet Nutritarian!

Add a Comment