Cara Gampang Atasi Jerawat Punggung. Cuma Perlu 10 hari

PrimaBerita – Siapa bilang jerawat cuma muncul di wajah? Kenyataannya, jerawat rupanya tak hanya timbul pada wajah tetapi juga pada punggung. Sebenarnya ini bukan hal yang aneh sebab tubuh memproduksi minyak alias sebum. Jerawat terbentuk akibat sebum berlebih ditambah tumpukan sel kulit mati. 

Beda letak jerawat, beda pula cara mengatasinya. Ada beberapa tips untuk atasi

Gunakan sampo antiketombe

Permasalahan jerawat punggung juga bisa timbul karena pertumbuhan jamur berlebih. “Saya menemukan kadang jerawat punggung itu sebenarnya pityrosporum folliculitis, kondisi di mana jamur tumbuh melebihi normal pada kulit,” kata dermatolog Debbie Elder. 

Dia menyarankan untuk menggunakan sampo dan sabun antijamur selama 10 hari. Kemudian penggunaan bisa dilanjutkan seminggu sekali untuk pencegahan

Ganti produk sabun

Hampir semua dermatolog menyarankan untuk mengganti sabun mandi dengan sabun yang mengandung benzoyl peroxide (5-10 persen). Komponen ini terbukti bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat punggung. 

Namun yang perlu diperhatikan setelah menggunakan sabun sebaiknya bilas hingga benar-benar bersih. Sebab sabun dengan benzoyl peroxide bisa meninggalkan noda pada handuk atau pakaian. 

Minyak tea tree

Minyak tea tree berasal dari daun pohon tea tree atau Melaleuca alternifolia. Pohon ini merupakan tanaman asli Australia. Orang Australia banyak jerawat punggung karena mengatasi bakteri berlebih penyebab jerawat. 

Baca juga: Hindari Sarapan Ini! Menurunkan Kinerja Tubuh

Add a Comment