Makanan Sehat untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

makanan pengidap kolesterol tinggi

PrimaBerita – Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jika tidak segera anda atasi dengan cepat. Anda bisa mengubah gaya hidup anda dengan makan makanan sehat untuk pengidap kolesterol tinggi.

Saat jumlah kolesterol dalam darah sesuai dengan kebutuhan, kolesterol berfungsi untuk membangun sel-sel sehat dalam tubuh. Namun, saat jumlah kolesterol terlalu banyak, kondisi ini dikenal sebagai kolesterol tinggi.

Meskipun kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh, tetapi kelebihan jumlah kolesterol dapat menyebabkan penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang dikenal sebagai plak.

Penumpukan plak yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Tentunya, kondisi ini berisiko tingkatkan berbagai gangguan kesehatan pada pengidap kolesterol tinggi.

Bahayanya, kolesterol tinggi jarang menunjukkan gejala pada pengidapnya. Kondisi ini dapat anda temukan ketika seseorang melakukan pemeriksaan darah terkait keluhan kesehatan lainnya.

Berikut Makanan Sehat untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

Melakukan olahraga secara rutin, menjaga berat badan tetap terkontrol, dan menjaga pola makan sehat menjadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah maupun menurunkan risiko kolesterol tinggi.

Kacang Polong

Kacang polong menjadi salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam kacang polong nyatanya akan membantu anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan.

Okra

Okra menjadi jenis sayuran yang mudah anda temukan karena bisa tumbuh dengan mudah. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan gel yang dinilai mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kacang Almond

Kacang almond menjadi salah satu sumber lemak baik bagi tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Juga merupakan sumber serat yang baik. Kondisi ini dapat membantu penyerapan kolesterol dalam darah.

Kale

Kale adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Memasukkan lebih banyak serat ke dalam menu makan sehari-hari nyatanya bisa membantu anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Apel

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang mengandung pektin. Pektin merupakan salah satu jenis serat yang mudah larut dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Add a Comment