Awas ! Makan Sayur Asem bisa Berdampak Buruk bagi Penderita Mag

makan sayur asem

PrimaBerita – Masakan khas Indonesia yang satu ini tentu sudah banyak yang mengenalnya. Sayur asem begitu nikmat dan segar karena cita rasa asm jawa yang ada menjadikan makanan ini banyak yang menyukainya. Namun makan sayur asem bagi penderita mag bisa berdampak buruk loh.

Orang yang memiliki masalah mag rentan terhadap suatu asupan yang mengandung asam. Sayur asem dapat berpotensi memperburuk keluhan penyakit lambung yang seseorang derita.

Sayur asem memang tidak lengkap tanpa asam jawa yang menghasilkan rasa asam menyegarkan. Bahan alami ini dikenal dengan nama tamarind ini tergolong rendah glikemik dan mengandung banyak zat gizi.

Melansir Very Well Fit, kandungan nutrisi dalam 1 cangkir (120 gram) asam jawa mentah antara lain:

  • Kalori: 287
  • Lemak: 0,7 gram
  • Natrium: 34 mg
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 6,1 gram
  • Gula: 46,6 gram
  • Protein: 3,4 gram
  • Kalium: 754 mg
  • Vitamin C: 4,2 mg

Makan Sayur Asem bisa Berdampak Buruk bagi Penderita Mag

Sayur asem dengan kandungan asam jawa dapat membahayakan orang yang menderita mag. Saat ia menyantap sayur ini, kadar asam dalam saluran pencernaannya bisa naik.

Jadi, jika Anda sudah menderita masalah pencernaan seperti penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau mag, lebih baik jauhi makanan yang memiliki unsur asam jawa dalamnya.

Sebab, asam jawa memiliki perkiraan pH 3. Kadar ini sangat asam sehingga Anda harus berhati-hati khususnya bila punya masalah mag.

Namun, setiap orang memiliki kondisi lambung yang berbeda. Mungkin ada alasan selain pH yang membuat sayur asem tidak dapat ditoleransi atau memicu refluks.

Mag Sering Kambuh Akibat Salah Makan

Karena dapat terjadi kekambuhan penyakit, penderita mag harus benar-benar memilih makanan dengan baik. Jika makan sembarangan, maka gejala pada lambung bisa terjadi dan aktivitas pun terganggu. Jangan anggap sepele penyakit mag yang sering kambuh akibat salah makan. Kondisi ini dapat sangat berbahaya.

Dinding lambung yang terluka akibat salah makan memang dapat dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup. Beberapa makananĀ  menjadi pantangan penderita mag.

Selain makanan asam, jenis asupan lain yang harus anda hindari yaitu makanan pedas dan mengandung gas, serta minuman berkarbonasi.

Sebab, makanan pedas dan asam bisa mengiritasi lambung. Selain sejumlah makanan yang dijadikan pantangan, penderita mag juga tidak boleh telat makan.

Hal ini perlu anda perhatikan supaya lambung tidak kosong terlalu lama. Sebaiknya, orang yang mengidap penyakit mag makan lebih sering dengan porsi kecil. B

Add a Comment