5 Keuntungan Membaca Dongeng Bagi Anak

keuntungan membaca dongeng

awanbabyclotihing – Mengajarkan anak untuk membaca dongeng ternyata memiliki keuntungan tersendiri bagi anak. Karena tidak sedikit cerita dongeng yang mengajarkan anak mengenai adat istiadat maupun norma-norma sosial.

Melalui cerita, anak bisa mendapatkan pendidikan yang menyenangkan. Apalagi bagi mereka yang belum memasuki usia sekolah. Maka tanpa disadari cerita dapat menjadi sarana efektif bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai dan pendidikan moral.

Selain itu buku cerita dongeng juga menyenangkan karena sering menggunakan gambar-gambar pendukung cerita dengan penuh warna. Sehingga hal ini pun dapat memantik semangat anak untuk mau membaca dongeng maupun mendengarkannya dari orangtua mereka.

Berikut 5 nilai keuntungan cerita dongeng bagi anak.

  • Menanamkan sikap bekerja keras

Salah satu nilai moral positif yang bisa dipetik dari membaca dongeng yaitu menanamkan sikap bekerja keras. Dengan bekerja keras seseorang akan mendapatkan sesuatu yang didambakannya. Sekalipun harus melakukannya dengan susah payah. Oleh karena itu perilaku sikap bekerja keras ini memang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini.

  • Ajaran Untuk Patuh Terhadap Orangtua

Banyak kisah-kisah yang menawarkan ajaran untuk senantiasa patuh kepada orang tua. Dan ini termasuk salah satu hal yang amat penting untuk ditanamkan kepada anak.

  • Ajaran Untuk Saling Meminta Maaf

Menyadari kesalahan yang telah diperbuat bukanlah hal yang mudah untuk semua orang. Karena hal ini berkaitan dengan hati yang bersih serta sikap yang rendah hati dari seseorang. Untuk melakukannya seseorang tidak harus menunggu sampai dewasa melainkan ini juga wajib diajarkan kepada anak sejak dini. Mau memperbaiki diri termasuk menyadari kesalahan sendiri adalah hal yang sangat patut ditiru.

  • Ajaran Untuk Peduli Terhadap Kesusahan Orang Lain

Peduli terhadap kesusahan orang lain menjadi poin yang penting untuk diajarkan kepada setiap anak. Sikap peduli adalah sikap yang siap memberi pertolongan kepada orang lain saat mendapatinya sedang dirundung kesulitan atau penderitaan.

  • Senantiasa Bersyukur

Sikap melahirkan rasa syukur juga merupakan salah satu dari banyaknya nilai moral yang positif. Adapun penanaman sikap syukur ini ke dalam diri anak dapat dilakukan lewat berbagai hal sederhana. Bahkan contoh-contoh ajaran bentuk rasa syukur banyak terdapat dari cerita dongeng.

Add a Comment