Tips Cerdas Menyusun Strategi Bisnis Agar Berjalan Sukses

Tips Menyusun Strategi Bisnis

PrimaBerita – Dalam bisnis hal yang perlu anda lakukan adlaah membuat rencana bisnis karena ini merupakan sebuah peta jalan kesuksesan. Beberapa tips cerdas menyusun strategi bisnis agar berjalan sukses ini bisa anda lakukan.

Rencana bisnis yang dibuat dengan baik akan berpeluang besar meningkatkan keberhasilan usaha. Ibarat sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, target pencapaian hingga strategi pemasaran.

Berikut Tips Cerdas Menyusun Strategi Bisnis Agar Berjalan Sukses

Miliki Deskripsi Usaha yang Jelas

Apapun bisnis Anda, mulai lah dengan memiliki deskripsi yang jelas dan mudah orang pahami. Deskripsi bisnis atau gambaran yang menjelaskan bentuk usaha, produk yang anda jual atau jasa yang anda tawarkan, untung dan rugi produk/jasa, harga, biaya operasional perusahaan, target bisnis, hingga sistem kerja.

Analisa dari Pesaing Usaha

Melakukan analisa sederhana dari pesaing usaha Anda bisa menjadi cara yang tepat untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih baik. Lakukan pengamatan dan analisa sederhana untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis Anda.

Belajarlah dari pengalaman sukses dan gagal orang lain, dengan begitu Anda bisa menciptakan rumus sukses dan strategi bisnis versi Anda sendiri.

Strategi Pemasaran Tepat Sasaran

Strategi pemasaran harus anda rencanakan dengan lengkap, mulai dari promosi produk, biaya, tempat, waktu, target produk hingga media promosi yang akan anda pilih. Selalu terapkan perspektif 4P (Product, Price, Place, Promotion) agar strategi pemasaran Anda senantiasa sukses.

Miliki Laporan Keuangan

Pelajari cara sederhana untuk melakukan pembukuan keuangan usaha Anda dengan rapi. Usahakan untuk membedakan antara modal untuk bisnis dan pribadi. Jujur dan transparant dalam mengelola keuangan usaha Anda akan menjadi modal bisnis yang bisa membawa kesuksesan Anda.

Unsur penting dalam membuat rencana bisnis adalah pengelolaan keuangan. Anda harus miliki cara mengelola anggaran agar tetap efisien dan berjalan lancar. Pelajari pula cara membuat rencana anggaran belanja dan cara meminimalisir biaya-biaya lain.

Menjaga Kualitas Produk/Jasa

Agar bisnis yang Anda lakukan berkembang dengan pesat, memiliki untung yang besar dan banyak memiliki pelanggan, Anda wajib menjaga kualitas.

Misalkan, Anda memiliki usaha kuliner, banyak pelanggan setia Anda yang menyukainya dan sering mampir ke tempat Anda karena menjual yang enak dengan harga yang murah. Tapi dari sisi pebisnis, Anda berpikir bagaimana caranya biar tetap untung meski harga bahan-bahan pokok anda melonjak.

Lakukan strategi menaikkan harga secara bertahap tetapi tetap jaga kualitas rasa dan pelayanan usaha Anda. Pelanggan akan terus berdatangan membeli ketika pelanggan merasa puas dengan produk dan pelayanan yang berkualitas dari Anda.

Add a Comment